Pentas Literasi Tingkat SMA/SMK/MA Se- Kota Lhokseumawe Ditutup

 


Lhokseumawe,  Rabu 17 November 2021, Pentas Literasi SMA/SMK/MA  Se- Kota Lhokseumawe ditutup oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah  Kota Lhokseumawe  dalaam hal ini diwakili oleh Kasubbag Tata Usaha.  Bapak Jamaludin, S..Pd., M.M. Kegiatan ini berlangsung di Aula SMA Negeri 1 Lhokseumawe. Turut hadir dalam penutupan Pentas Literasi ini Kepala Perwakilan Bank Indonesia  Kota Lhokseumawe diwakili oleh  Kepala Unit Data Statistik dan Kehumasan Bapak Zetra Lez Zaputra.  Pentas Literasi ini sudah berangsung mulai    tanggal  6  s.d 15 November 2021.

Penutupan   ini merupakan serangkaian kegiatan yang bertepatan dengan HUT SMA Negeri Lhokseumawe yang ke 64. Pentas Literasi ini juga diwarnai dengan Launching Buku Guru, siswa dan Tabloid Sekolah SMA Negeri 1 Lhokseumawe serta  pengumuman pemenang dari setiap cabang lomba yang sudah dilaksanakan. 

Dalam arahannya Kasubbag Tata Usaha Dinas Cabang Pendidikan Wilayah Kota Lhokseumawe menyatakan bahwa literasi  berkaitan kompetensi berbahasa ini dalam rangka menyambut gerakan 5.0.   Saat ini  semua kegiatan sudah berbasis digital seperti email dan media   lain yang berbasis internet.  " Kalian sebagai generasi  Z ditandai dengan tahun kelahiran 1996  saat ini sudah ditempah secara matang  menuju pembangunan negeri ke arah lebih baik. Kemudian  beliau berpesan 'Saat ini kalian sudah dipersiapkan untuk menghadapi hal itu. Apapun  literasi yang kalian ikuti satu yang jangan dilupakan yaitu “Literasi Religi.” Apapun yang kita lakukan jadikan Literasi Religi sebagai sandaran dalam mengembangkan literasi lainnya' ujarnya 

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kota Lhokseumawe diwakili  Bapak Zetra Lez Zaputra   mengatakan bahwa  kegiatan ini bertepatan dengan hari Pelajar Nasional  pada Bulan November Tahun 2021. Dalam sambutannya Ia menyampaikan bahwa liiterasi ini tidak hanya terfokus pada kegiatan baca tulis saja. Namun literasi  itu sendiri  mempunyai makna yang  luas meliputi berbagai bidang sesuai dengan majunya teknologi dan informasi saat  ini.

Nurasmah, S.Pd., M.Pd.  dalam laporannya sebagai Ketua Pelaksana Kegiatan melaporkan bahwa Pentas Literasi yang mengusung tema" Membentuk Generasi Z yang Memiliki Minat  Serta  Kemampuan untuk Berliterasi dalam Membangun Negeri" dikuti oleh seluruh perserta dari berbagai sekolah SMA/ SMK /MA Se - Kota Lhokseumawe dengan jumlah peserta 44 orang. Mereka mengikuti bidang lomba Baca Puisi, Cipta Cerpen, Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Inggris dan Komik Digital. Selanjutnya Nurasmah  yang juga sebagai Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Lhokseumawe menyampaikan bahwa kegiatan ini disponsori oleh Kantor Perwakilan  Bank Indonesia Kota  Lhokseumawe, Bulog  Kabupaten Utara dan Dewan Perwakilan Rakyat  ( DPR) Kota Lhokseumawe Komisi Bidang Pendidikan. 

Selanjutnya, dalam pengumunan pemenang,  juara 1 Lomba Baca Puisi diraih oleh  Hayati Syuhada dari SMA Negeri Lhokseumawe. Bidang Lomba Pidato Bahasa Indonesia  juara 1  diraih oleh  Balqis dari  SMA Mosa Arun . Cabang  Pidato Bahasa Inggris diraih  oleh Hafsari  Yuswitamma dari SMA Negeri  Mosa Arun . Komik Digital  diraih oleh  Zia Alicia dari SMA Negeri 1 Lhokseumawe  dan juara 1  Cipta Cerpen oleh  Nur Siti Fazillah  dari SMK Negeri 2  Kota Lhokseumawe.  Masing –masing pemenang diberikan hadiah berupa tropi, sertifikat, dan uang pembinaan * Muklis Puna


Berita Terkait

Posting Komentar

0 Komentar