SMAN 1 Lhokseumawe Laksanakan Bimtek Manajemen Kelas dan Pencegahan Bullying pada Perangkat Kelas

Sastrapuna.com Kamis, 27/07/2023. Sebanyak 124 siswa SMAN 1 Lhokseumawe yang merupakan perwakilan kelas dari 31 rombel mengikuti Bimtek Manajemen Kelas dan Pencegahan Bullying. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula SMA Kebanggaan masyarakat kota Lhokseumawe. Adapun perangkat kelas yang ikut dalam kegiatan tersebut meliputi ketua, wakil ketua, sekretaris dan bendahara kelas mulai dari kelas X, XI dan XII.

Materi yang diberikan dalam bimtek tersebut adalah manajemen kelas, administrasi dan kesiapan perangkat kelas dalam menghadapi tindakan bullying dan informasi-informasi yang mengarah kepada hal-hal yang mengancam keamanan dan kenyamanan belajar. Dalam kegiatan tersebut hadir sebagai pemateri T. Isman Surdi, S.Pd., M.Psi dan Aninna Raudhatul Adha, S.Pd dari bidang Bimbingan dan Penyuluhan (BP). Sedangkan untuk administrasi kelas diberikan oleh Wakil Kepala sekolah bidang Sarana dan Prasarana, Ibu Dara Waryuliyana, S.Pd.


Kepala SMAN 1 Lhokseumawe, Drs. Saifuddin, MM pada saat pembukaan kegiatan menyatakan bahwa SMAN 1 Lhokseumawe sebagai miniaturnya Indonesia, artinya semua suku, bangsa, agama dan bahasa pernah mengecap pendidikan di sekolah ini. Berdasarkan keberagaman tersebut SMAN 1 Lhokseumawe dituntut untuk mampu melayani dan mengayomi seluruh siswa yang berasal dari berbagai kalangan. 

Melalui kegiatan ini diharapkan semua tindakan yang mengarah pada hal-hal yang bersifat bullying dapat dicegah melalui kesiapan dan kesigapan perangkat kelas. Selanjutnya beliau mengharapkan melalui bimtek ini perangkat kelas mampu menjaga kedisiplinan dan ketertiban serta kelengkapan administrasi kelas. Hal ini dalam rangka membantu mewujudkan kelancaran proses belajar mengajar dikelas.

Baca juga : Sebanyak 360 Siswa/i Baru SMA N 1 Lhokseumawe Ikuti Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ( MPLS)

Selanjutnya, Wakil Kesiswaan SMAN 1 Lhokseumawe Mukhlis, S.Pd.M.Pd mengatakan bahwa selama ini perangkat kelas yang ada bekerja sesuai dengan pengalaman dan kebiasaan yang didapatkan di tingkat SMP dan MTs. Tujuan dan fungsi dari perangkat kelas tersebut tidak dipahami secara detail. Diharapkan setelah kegiatan ini berlangsung para perangkat kelas mampu memahami tugas pokok dan fungsi serta dapat merealisasikannya di kelas masing-masing. Bimbingan dan teknis bagi perangkat kelas di SMAN 1 Lhokseumawe merupakan hal yang baru pertama kali dilaksanakan. Diharapkan bimtek ini dapat dilanjutkan pada setiap tahun ajaran baru. Ujarnya.



Kontributor : Dea Rama Savitri

Berita Terkait

Posting Komentar

0 Komentar