Sebanyak 360 Siswa/i Baru SMA N 1 Lhokseumawe Ikuti Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ( MPLS)



Sastrapuna.com. Senin, 17 Juli 2023. Sebanyak 360 Siswa/i baru SMA N 1 Lhokseumawe ikuti Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan  Sekolah.  Kegiatan MPLS  ini akan berlangsung selama tiga hari mulai dari  tanggal 17,  18 dan 20 Juli 2023.  

Hal ini sesuai dengan surat edaran Dinas Pendidikan Aceh tentang pelaksanaan MPLS bagi peserta didik baru pada tahun Pelajaran 2023/ 2024. 

Tujuan utama pelaksanaan MPLS bagi siswa baru adalah untuk mengenalkan lingkungan sekolah bagi siswa/i sebelum mengikuti pembelajaran selama  tiga tahun ke depan. 

Selain itu, siswa/i baru juga dikenalkan dengan lingkungan sekolah  secara metal dan fisik. Secara mental siswa dibekali dengan sejumlah persiapan terutama ketika akan berhadapan dengan proses belajar - mengajar pada tingkat SMA..  

Baca Juga:

Raihanah Az -Zahra, Siswa SMA N 1 Lhokseumawe Wakil Aceh Kibarkan Bendera Pusaka pada HUT RI Ke - 78 di Istana Negara

Sedangkan secara fisik, siswa dikenalkan dengan semua sarana dan prasarana yang ada di lingkungan tersebut. Hal ini agar  siswa baru lebih mudah beradaptasi dengan keadaan dan tempat baru sebelum mengikuti pembelajaran. 

Adapun materi yang  diberikan selama MPLS berlangsung adalah  tentang aturan dan tata tertib sekolah yang sudah dituangkan dalam buku (Tatib)  telah dibagikan kepada siswa. 

Selanjutnya, pengenalan kurikulum yang diterapkan di sekolah tersebut. Materi pembinaan karakter,  motivasi belajar, pedalaman bakat dan minat, wawasan kebangsaan, stop  bullying dan kegiatan baris berbaris merupakan materi utama dalam kegiatan tersebut. 

Kepala sekolah, SMA Negeri 1 Lhokseumawe, Drs. Saifuddin.,M.M. dalam sambutanya pada saat membuka kegiatan sekaligus bertindak sebagai pembina upacara menyatakan "Selamat datang kepada siswa/i baru di SMA Negeri Lhokseumawe" seraya menambahkan ' Mari Wujudkan Cita - cita Kalian Bersama Kami selama 3 tahun ke depan ' ujarnya

Selanjutnya, beliau menambahkan belajarlah yang rajin, ikuti segala aturan yang berlaku di sekolah ini dan raihlah prestasi, karena di sini  tempatnya siswa berprestasi mulai dari kabupaten, provinsi sampai ke tingkat nasional. 

Ketua panitia Penerimaan Peserta Didik Baru  SMA 1 Lhokseumawe   atau Wakil Kesiswaan Mukhlis, S.Pd., M.Pd. yang akrab disapa dengan Muklis Puna menyatakan bahwa  kegiatan MPLS ini adalah puncak dari  rangkaian kegiatan Penerimaan Peserta Peserta Didik Baru (PPDB) tahun  Pelajaran 2023/2024 mulai dari pendataan, verifikasi berkas, dan pengumuman kelulusan, baik jalur prestasi, zonasi, afirmasi dan perpindahan orang tua. 

"Alhamdulillah...! Selesai sudah tugas  mulia ini dalam rentang waktu yang panjang mulai dari Bulan Februari s.d  Juli 2023. Selanjutnya, siswa juga sudah dipetakan ke dalam kelas belajar sesuai dengan jalur yang ditentukan pada saat pendaftaran." Ujarnya. (MP)

Berita Terkait

Posting Komentar

0 Komentar