SMA Negeri 1 Lhokseumawe menggelar Panen Karya P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila).

 


SMA Negeri 1 Lhokseumawe menggelar Panen Karya P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Kegiatan ini diselenggarakan bersamaan dengan pembagian raport semester ganjil siswa pada Sabtu 23 Desember 2023. 

Esensi dari terlaksana acara Panen Karya P5 sebagai agenda puncak pembelajaran P5. Dengan harapan seluruh siswa mampu memiliki enam dimensi pembelajaran P5. Acara ini juga menyediakan stand bazar siswa kelas X, XI, XII yang menampilkan pameran karya mereka kepada seluruh hadirin. 

Kegiatan yang dilaksanakan di halaman kebanggaan SMA Negeri 1 Lhokseumawe tersebut diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan pembacaan sari tilawah. Pada agenda kali ini turut hadir Kepala Dinas Pendidikan Aceh Cabang Lhokseumawe Bapak Supriariadi S.Pd M.Pd dan Ketua Komite Bapak H T Anwar Haiva S.Ag. Juga dihadiri oleh Ketua IKA Smansa Bapak T Zulfian SE, Ibu Dr Fajrina S.Si M.Si berserta seluruh wali murid siswa SMA Negeri 1 Lhokseumawe. Seluruh hadirin kemudian disambut dengan penampilan Tari Peumulia Jame dan Tari Kreasi P5. 

Rangkaian kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Laporan oleh Ketua Panitia Bapak Ihsan Nova S.Pd. Beliau mengucapkan terima kasih sebesar besarnya kepada segenap warga, dan tenaga pengajar SMA Negeri 1 Lhokseumawe yang turut andil berpartisipasi dalam terlaksana acara ini. Agenda kemudian berlanjut dengan kata sambutan dari Kepala Sekolah Bapak Drs Saifuddin MM. Di samping itu, dilaksanakan pula pelepasan mahasiswa Unimal yang telah menjalani masa PPL ( Program Pengalaman Lapangan) yang ditandai dengan penyerahan cenderamata kepada pihak sekolah.  Beriringan dengan ucapan terima kasih dan permintaan maaf yang disampaikan oleh Dr Fajrina S.Si M.Si sebagai dosen pembimbing mahasiswa PPL. 

Seluruh rangkaian kegiatan Panen Karya P5 secara resmi dibuka oleh Bapak Kepala Dinas Pendidikan Aceh Cabang Lhokseumawe. Tidak hanya rangkaian acara formal, panen karya P5 berlanjut pada acara nonformal. Pada acara nonformal tersebut siswa akan menampilkan karyanya seakan satu semester. 

Diantaranya penampilan fashion show baju nusantara, pembacaan puisi P5, dan fashion show baju kreasi hasil kolaborasi beberapa mata pelajaran. Ditampilkan pula pemutaran 3 video terbaik dari tema P5 gaya hidup berkelanjutan, talk show podcast pemilu berdasarkan tema p5 demokrasi, dan pembagian hadiah. 

Bapak Kacabdin di sela sela pembukaan menyampaikan apresiasi dan motivasi kepada seluruh siswa “Dimana para siswa nantinya melalui agenda ini dapat memenuhi 6 dimensi pembelajaran P5, sehingga memunculkan kecakapan hidup bagi para siswa saat memasuki jenjang berikutnya”. 

Tak hanya itu, Bapak kepala sekolah menyampaikan, bahwa hasil karya yang diperoleh siswa merupakan hasil yang terbaik. Sehingga dapat memberikan prestasi yang terbaik kedepannya di tingkat daerah maupun nasional” ungkapnya di depan seluruh hadirin. Seluruh rangkaian agenda panen karya P5  kemudian ditutup dengan pembacaan doa dengan khidmat.


Konstributor: TIM Jurnalis OSIS  dan WHS SMA Negeri 1 Lhokseumawe 


Berita Terkait

Posting Komentar

0 Komentar