Budaya Membaca dii Kalangan Pelajar SMP N 1 Lhokseumawe

 


Oleh:Al Haitami Akbar

Apakah kalian pernah melihat bahwa banyak sekali siswa  SMP yang sekarang sudah sangat malas untuk membaca? Mengapa? karna kebanyakan dari mereka mulai meninggalkan budaya membaca itu dikarenakan sosial media dan handphone yang ada di kalangan kalangan mereka.Padahal banyak sekali buku buku yang ada di dunia ini yang bisa di gunakan atau pun dijadikan sebagai pedoman hidup mereka karna buku yang ada di dunia ini amatlah banyak dan sangat bermanfaat bagi kehidupan seorang pelajar masa kini.

Banyak sekali orang yang belum bisa membaca maupun menulis dikarenakan kemalasan nya itu,sangat memprihatikan.Padahal mereka lah yang benar benar diharapkan bisa membuat bangsa dan negara ini menjadi maju dikarenakan mereka yang mau membaca.Padahal buku yang ada di dunia ini tidak diminta untuk di lihat, mereka hanya diminta untuk dibaca,namun mengapa mereka ini sangat malas membaca?

Hal itu dikarenakan mereka tidak diajarkan untuk membaca buka yang ada,baik itu novel,cerpen dan lain sebagainya.mereka juga kadang tidak di perhatikan oleh orang tuanya untuk selalu rajin membaca dimanapun mereka berada.ada kalanya juga seorang pelajar yang malas membaca malah membuat masalah di mana pun dia berada karena tidak bisa ataupun malas belajar.

Dampak Positif Membaca

Padahal membaca dapat membawa sebuah efek positif bagi seorang pelajar.si pelajar dapat mengetahui tentang tentang dunia maupun yang bukan tentang dunia, politik, ekonomi,dan bidang lainnya.membaca juga dapat membuat seorang pelajar menjadi lebih ingin tahu tentang apa yang sedang dia baca atau yang sedang di kemukakan sekarang.membaca juga dapat membuat diri kita ini menjadi lebih rajin Karna sudah terbiasa rajin untuk membacaDengan membaca kita juga bisa lebih tahu yang mana yang baik dan yang mana yang buruk.kita ambil contoh seperti seorang penulis,seorang penulis adalah seorang yang menciptakan atau mengemukakan apa yang sudah ditulis nya dalam bentuk sebuah buku.seorang penulis selalu membaca apa yang ingin dibacanya lalu dia mencurahkan apa yang dia baca kesebuah kertas. Sebaiknya budaya membaca di kalangan pelajar itu lebih di kuatkan lagi.

Selanjutnya, Budaya membaca merupakan prasyarat sangat penting dan mendasar  yang harus dimiliki setiap warga negara apabila ingin menjadi bangsa yang  maju. Dengan minat baca yang baik,pada gilirannya dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia. https://www.lhokseumawekota.go.id/berita-VGg= diakses 19 Desember 2023.

Maksud dari budaya membaca yang ada di kutipan diatas adalah sebuah program yang digunakan untuk meningkatkan daya tarik membaca agar membaca dapat lebih sering di kemukakan di kalangan pelajar maupun kalangan yang lain.biasanya mereka yang membuat program budaya membaca ini akan mengajak ataupun membujuk seseorang untuk membaca buku.

 Banyak Orang yang Malas Membaca

Pernyataan diatas amat sering kita dengar di generasi sekarang.karna apa? ya, mereka sangat malas membaca.mengapa demikian?itu di karenakan banyak sekali kalangan kalangan manusia yang enggan mau membaca Karna menurut mereka itu adalah hal sepele yang diremehkan.pepatah mengatakan bahwa malas adalah pangkal dari kebodohan.banyak sekali media sosial ataupun sosmed yang ramai di perbincangkan menjadi salah satu faktor seseorang menjadi malas membaca.

Padahal mereka adalah orang-orang yang akan meneruskan bangsa ini namun jika tidak ada yang namanya budaya membaca apa gunanya,sama saja seperti orang yang tidak bersekolah.dengan adanya mereka yang suka membaca, mungkin bangsa ini bisa menjadi bangsa yang maju dan bermartabat.namun itu hanyalah sebuah angan angan jika mereka tidak mau membaca.

Ada kalanya jika seseorang yang malas membaca akan menjadi orang yang kehidupan nya akan sulit untuk dijalan kan karna kekurangan nya itu.dan ada kalanya juga orang yang rajin membaca menjadi orang yang mudah menjalankan kehidupan nya itu karna membaca.jika benar banyak orang orang yang malas membaca, mungkin suatu hari bangsa ini akan hancur karena kurangnya sumber daya manusia yang disebabkan oleh orang yang malas membaca.

Banyak Orang yang Tidak Bisa Membaca

Bukan hanya anak kecil yang belum bisa membaca,bahkan orang dewasa pun belum tentu bisa membaca apa yang telah tertulis di sebuah buku.itu dikarenakan kurangnya ilmu pengetahuan mereka tentang pentingnya membaca buku.mereka yang belum bisa membaca mungkin mereka tidak pernah diajarkan untuk membaca buku dan mereka tetap berpegang teguh pada diri mereka sendiri untuk tidak belajar membaca sejak kecil dan akhirnya terjadi lah penyesalan di akhir.

Memang belajar membaca itu mudah,namun tidak semua orang yang mau belajar membaca Karna tidak ada keinginan untuk belajar membaca ataupun membaca membuat mereka lelah dan bahkan karna kemalasan mereka sendiri.suatu saat nanti,jika tidak ada lagi orang yang tidak bisa membaca siapa tau bangsa ini bisa saja hilang dari peradaban dunia.Padahal dalam agama telah di jelaskan bahwa membaca itu hukumnya wajib bagi setiap orang yang ada di muka bumi ini,karna dengan membaca kita dapat mengetahui apa yang ada di dunia ini dan dengan membaca kita bisa lebih tau apa yang di bicarakan oleh seseorang yang ada di sekitar kita.

Mereka yang gemar membaca mungkin saja akan menjadi penerus bangsa yang hebat Karna keahlian mereka dalam membaca.karna mereka mungkin bangasa ini bisa menjadi bangsa yang di hormati oleh bangsa maupun etnis yang lain karna bangsa kita telah menjadi bangsa yang hebat.Bangsa yang kuat adalah bangsa yang bisa mengurus warga negaranya sendiri dengan baik dan benar. Jika ingin bangsa ini menjadi bangsa yang amat di hargai,mulailah membaca mulai dari sekarang.karna tidak ada kata terlambat untuk belajar.

 Banyak Orang yang Lebih Fokus ke Media Sosial

Media sosial juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi seseorang untuk malas membaca.mereka menganggap kalau membaca itu membosankan dan mereka lebih tertarik ke media sosial daripada membaca buku.padahal media sosial itu tidak selamanya baik untuk seseorang karna di media sosial juga ada yang buruk seperti membuat seseorang menjadi lalai, terjerumus kedalam pergaulan yang tidak baik(bebas)dan yang lebih parahnya lagi membuat kita menjadi orang yang enggan berinteraksi dengan lingkungan luar.

Media sosial sebenarnya baik namun jika digunakan hanya sebatas untuk berinteraksi. Padahal buku lebih menarik daripada media sosial Karna didalam buku terdapat banyak sekali ilmu yang dapat diambil bahkan di kembangkan.ada banyak sekali manfaat yang ada di dalam buku,namun sayang nya peminat yang mau membaca buku itu sedikit dan bahkan jarang ada orang yang mau membaca dan lebih sering ke sosmed.

Biar pun begitu,buku tetap ada di mana mana,baik di sekolah maupun di luar sekolah.biarpun buku tidak banyak peminatnya tetapi masih banyak orang orang baik yang selalu menjadikan membaca sebagai hobinya untuk menghabiskan waktu luang.

Sekarang buku tidak hanya berbentuk seperti buku, tetapi di perangkat elektronik seperti handphone banyak sekali kita temukan buku yang berbentuk seperti sebuah karangan yang di cetak di sebuah media seperti  (alternative universe) wp(watt pad) dll. Namun tetap saja tidak ada yang mau membaca buku atau cetakan tersebut karna menurut Meraka sangat membosankan.padahal dengan adanya cetakan atau buku itu dapat menambah wawasan seseorang menjadi lebih luas.

Selanjutnya,Jika kalian membaca bersuara itu adalah melafalkan huruf tanpa memahami isi teks bacaan. Dalam hal ini suara yang keluar dari mulut akan menggangu proses recording data yang ada dalam teks bacaan untuk disimpan di bawah alam sadar. Membaca seperti ini hanya boleh dilakukan pada tahap awal membaca untuk melatih ketepatan dan kecakapan dalam membaca.

Jika kalian membaca bersuara itu adalah melafalkan huruf tanpa memahami isi teks bacaan. Dalam hal ini suara yang keluar dari mulut akan menggangu proses  recording data yang ada dalam teks bacaan untuk disimpan di bawah alam sadar. Membaca seperti ini hanya boleh dilakukan pada tahap awal membaca untuk melatih ketepatan dan kecakapan dalam membaca. https://www.kompasiana.com/mukhlispuna3006/6541e11d040c8772e05bc985/meneroka-penyakit-membaca-pada-diri-pembelajar?page=2

Maksud dari membaca bersuara dalam kutipan diatas adalah seseorang yang membaca namun melantunkan suara yang menggangu proses recording data yang nanti akan di simpan di bawah alam sadar.karna di dalam membaca sebisa mungkin untuk tidak melantun kan suara yang bisa membuat diri kita dan orang lain terganggu oleh lantunan suara kita tersebut.

Simpulan:

Jika budaya membaca tidak di tangani dengan serius,bisa jadi bangsa dan negara bisa hancur dan hilang dari peradaban dunia ini.dikarenakan kurangnya ilmu pengetahuan dari seseorang yang tidak bisa ataupun tak suka membaca.maka mulai saat ini mulailah untuk membuat budaya membaca itu lebih sering agar negara dan bangsa ini menjadi lebih baik kedepannya.  Melalui  membaca kita bisa di buat bagai orang yang berilmu Karna dengan membaca kita dapat mengetahui banyak hal yang ada di lingkungan hidup kita masing masing.

Penulis Adalah Siswa Kelas lX B SMP Negeri 1 Lhokseumawe 


Berita Terkait

Posting Komentar

0 Komentar