Workshop Penulisan Buku Berakhir Sukses



Workshop penulisan buku Guru dan Siswa SMA Negeri 7 Lhokseumawe berakhir sukses. Pelaksanaan aktivitas ilmiah dan non-ilmiah tersebut digelar selama dua hari di Aula sekolah dimaksud tanggal 29-30 November 2023, yang dikoordinir dan dipimpin langsung oleh kepala perpustakaan, Ibu IIn Keumala.  

Ajang kreativitas ini diikuti oleh 16 orang guru dan 22 orang siswa. Adapun guru yang ditunjuk untuk mengikuti pelatihan bernuansa produktivitas ini adalah guru-guru yang jam mengajarnya agak longgar dibandingkan dengan guru-guru lainnya. Sementara siswanya adalah hasil rekrutman dari 12 rombel: yaitu dari  kelas X, XI, dan XII, yang memiliki kapasitas dalam menulis. 

Kepala Sekolah, Bapak Drs. Muhktaruddin, M.Pd. dalam kata sambutan dan pembukaan ajang bergensi ini menyatakan bahwa "Pelaksanaan workshop penulisan buku dimaksud bertujuan untuk membudayakan jiwa literasi bagi guru dan siswa yang ada di bawah pimpinannya. Seorang penulis sudah pasti seorang pembaca, jika tidak membaca, apa yang harus ditulis. Menulis itu tidak harus mengikuti gaya orang lain, tapi tulislah dengan gaya kita sendiri". Demikian tandas beliau. 

Baca:Kue Bolu Seharga 35 Ribu

Guna menuju lahirnya buku guru dan siswa pada sekolah yang menggiatkan tumbuh-kembangnya literasi ini, Kepala Sekolah beserta panitia mempercayai dua orang penulis untuk menjadi fasilitator, yaitu Muklis Puna, M.Pd. dan Marzuki Umar, M.Pd, yang dikenal sebagai aktor menulis dewasa ini. 

Kedua narasumber ini memberi dan membimbing peserta pelatihan ke arah lahirnya buku guru dan siswa, yang diawali dengan menulis artikel populer dan cerpen. Di dalam perjalanan pemanduan penulisan yang demikian ketat, kedua narator secara berkolaborasi menyampaikan materi-materi dan trik-trik menulis cepat. 

Memang tak dapat dipungkiri bahwa penerapan "kiat menulis cepat" yang disuguhkan keduanya, secara nyata dapat melahirkan berbagai artikel populer dan cerpen. Sekalipun saat ini masih dalam bentuk draf, tetapi struktur dan gaya penulisan sudah sebagaimana yang diinginkan. 

Namun, di sisi lain yang sangat menggembirakan dan mengharukan semua pihak bahwa dalam waktu relatif singkat, seorang siswa yang bernama Annisa Maizatul Rahma Kelas XII IPA 2, telah dapat menunjukkan hasil kerja dan renungannya yang sangat tajam itu dalam bentuk cerpen, dengan judul "Kue Bolu Seharga 35 Ribu". Cerpen Nya ini sore tadi telah tayang lewat website Sasatrapuna.com. Sekaligus mendapat apresiasi dari Kepala Sekolah dan seorang guru dengan memberikan oleh-oleh kepadanya. 

Moga-moga draf tulisan lainnya, baik artikel guru maupun artikel dan cerpen siswa yang belum tuntas akan segera diselesaikan dengan baik sampai kepada pengeditan. Sehingga, satu demi satu akan terus diposting melalui situs atau web sekolah SMA yang dicintai itu. Dengan begitu, diharapkan semuanya itu nanti akan dapat dijadikan buku paling lambat April 2024. Demikian harapan pimpinan sekolah, panitia, dan narasumber.    

Konstributor: Marzuki Umar, M.P di.


Berita Terkait

Posting Komentar

0 Komentar