Peringatan HUT Guru Nasional dan PGRI Ke-78 Berlangsung Meriah di SMA Negeri 1 Lhokseumawe

Sastrapuna.com. SMA Negeri 1 Lhokseumawe menyambut HUT Guru Nasional dan PGRI ke-78 pada Sabtu, 25 November 2023 dengan khidmat dan seksama. 

Agenda sakral ini dilaksanakan di halaman kebanggaan SMA Negeri 1 Lhokseumawe yang diikuti oleh seluruh dewan guru, tenaga pendidik, dan seluruh siswa. Pada pelaksanaan HUT Guru Nasional ini Waka Humas   Haslina S.Pd M.Pd menjadi inspektur upacara. Beliau membacakan amanat upacara dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim. 

Baca: Juga:SMA Negeri 1 Lhokseumawe Raih Kejuaran pada Kegiatan Panteu Meuseuraya Festival

Dalam amanat tersebut beliau menyatakan ucapan terima kasih kepada seluruh guru yang sudah mendedikasikan hidupnya untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Pada upacara HUT Guru Nasional kali ini terdapat hal yang sangat istimewa yakni seluruh dewan guru dan tenaga pengajar lah yang menjadi petugas upacara. Pada upacara tersebut diiringi pula pengibaran bendera saka merah putih oleh pasukan paskibraka SMA Negeri 1 Lhokseumawe. 

 Upacara tersebut dipimpin oleh Bapak Safrizal S.Pd dan juga seperangkat dewan guru lainnya yang membaca protokol, ikrar guru, UUD 1945, dan pembacaan doa.  Juga nyanyian lagu wajib nasional disertai himne guru oleh paduan suara dari guru SMA Negeri 1 Lhokseumawe. 

Rangkaian kegiatan selanjutnya yaitu penyerahan Satya Lencana kepada dewan guru yang telah mengabdi untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Pembagian Satya Lencana dipimpin oleh Bapak Kepala Sekolah Drs. Saifuddin MM yang diberikan kepada 36 dewan guru. 

Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi kepada  guru-guru  yang mengabdi untuk Indonesia selama kurun waktu 10 , 20 dan 30 tahun lamanya. Apresiasi tersebut diberikan dalam bentuk piagam penghargaan dan  lencana.

Tak hanya penyerahan Satya Lencana, sebagai awal pembukaan peringatan HUT Guru Nasional seluruh dewan guru dan tenaga pengajar disambut dengan tari Ratoeh Duek dari sanggar Putroe Nahrasiah. Kemudian diiringi pula tarian kreasi dari siswa SMA Negeri 1 Lhokseumawe senior sanggar putroe Nahrasiah. Penampilan kedua tarian yang menarik perhatian seluruh warga sekolah disambut dengan tepuk tangan yang meriah.

Beriringan dengan agenda tersebut, dilaksanakan pula acara pemotongan tumpeng oleh bapak kepala sekolah. Tumpeng tersebut merupakan sembahan dari Pengurus OSIS kepada seluruh dewan guru juga pelepasan balon oleh bapak kepala sekolah. Sebagai bentuk apresiasi Pengurus OSIS memberikan hadiah berupa cendera mata kepada setiap dewan guru.

Selain itu, dalam upaya meningkatkan kreativitas siswa pada peringatan HUT Guru Nasional kali ini. Pengurus OSIS SMA melaksanakan Fashion Show karya siswa kelas XI yang bertemakan merah putih, kebudayaan,  dan teknologi. Rangkaian kegiatan ini kemudian diakhiri dengan acara perlombaan guru yang dikhususkan kepada seluruh dewan guru SMA Negeri 1 Lhokseumawe.

Konstributor: Tim HUMAS dan Jurnalistik OSIS SMA Negeri 1 Lhokseumawe



 

Berita Terkait

Posting Komentar

0 Komentar