Menjaga Kebersihan di Mulai dari Lingkungan Sekitar

 

Oleh : Raisah Nabila Barawas

Kebersihan lingkungan merupakan hal yang teramat penting. Menjaga kebersihan dapat dimulai dari lingkungan sekitar seperti tempat tinggal atau di sekolah kita masing-masing. Menjaga lingkungan kita tetap bersih dan asri akan membuat hidup kita menjadi lebih nyaman, aman, dan tentram serta terhindar dari berbagai penyakit. Langkah paling awal yang dapat kita lakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan adalah dengan membuang sampah pada tempatnya.

Kita semua tahu bahwa lingkungan yang kotor atau kumuh akan membuat kita merasa tidak nyaman berada di tempat tersebut. Bahkan mencium baunya saja sudah tidak sanggup. Karena bau yang ditimbulkan dari tempat yang kotor sangat tidak sedap di penciuman. Berbeda dengan lingkungan yang bersih, udara yang dihasilkan pun akan bersih, terbebas dari polusi dan bau tidak sedap. Juga dengan bersihnya lingkungan akan membuat kita merasa betah berada di tempat tersebut. Sangat penting untuk menjaga kebersihan lingkungan dimanapun kita berada, baik itu di rumah, sekolah maupun di tempat umum.

Bagaimana kita dapat mendefinisikan lingkungan itu bersih? Tentunya  lingkungan yang bersih tidak ada lagi kotoran. Seperti sampah yang berserakan, debu, ataupun bau tidak sedap. Kemudian lingkungan yang bersih juga terbebas dari berbagai penyakit serta nyaman untuk ditempati dan tidak ada polusi udara. Jadi mari kita bekerja sama untuk menjaga lingkungan kita tetap bersih demi kesejahteraan dan kenyamanan diri sendiri dan bersama.

Kemudian, bagaimana langkah langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan? Salah satunya dengan sering melakukan kegiatan gotong royong, seperti menyapu dan mengepel lantai. Kita dapat membersihkannya secara berkala. Buatlah daftar kapan saja kita harus membersihkan tempat tersebut. Hal ini dapat kita lakukan bersama-sama.

Selanjutnya, apa saja manfaat yang di dapat dari menjaga kebersihan lingkungan? Dengan upaya menjaga kebersihan lingkungan dapat menjaga kesehatan dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya, dan kebersihan tidak hanya pada suatu lingkungan tetapi kebersihan diri sendiri juga termasuk hal yang sangat penting. Menjaga kebersihan diri sendiri maka kesehatan diri kita juga akan tetap terjaga. Dengan menjaga kebersihan lingkungan, kita juga akan memiliki tempat yang nyaman untuk ditempati. Lingkungan juga menjadi lebih sejuk dan terbebas dari polusi udara.

Mulai dari sekarang mari kita bersama-sama menjaga tempat tinggal kita, sekolah kita, lingkungan kita, dan bersama membangun negri kita menjadi tempat yang bersih dan nyaman. Kebersihan merupakan sebagian dari iman. Bersama kita membangun tempat yang bersih dan asri. Ingat, jaga kebersihan dimulai dari lingkungan sekitar.

Selanjutnya, kebersihan lingkungan mempunyai peranan yang sangat penting dan tak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Menjaga kebersihan lingkungan sama artinya menciptakan lingkungan yang sehat, bebas dari kotoran, seperti debu,  sampah dan bau yang tidak sedap. Dengan Lingkungan yang sehat, kita tidak akan mudah terserang berbagai penyakit seperti demam berdarah, malaria, muntaber dan lainnya. Tidak hanya di bidang kesehatan, kebersihan lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan, keindahan dan keasrian lingkungan yang nantinya bermuara pada kedamaian. Semua ini dapat kita raih dengan melakukan perbuatan kecil dan sederhana, mulai dari menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita. https://dlh.palembang.go.id/baca-berita-149-jaga-kebersihan-mulai-dari-lingkungan-sekitar-kita.html diakses tanggal 19-12-2023.

Maksud dari lingkungan bersih dan sehat yang berada pada kutipan di atas adalah lingkungan tersebut terbebas dari berbagai kotoran dan bau yang tidak sedap di penciuman. Lingkungan yang bersih juga sangat mempengaruhi kesehatan kita semua. Lingkungan yang sehat akan terhindar dari berbagai penyakit-penyakit berbahaya bagi tubuh manusia. Lingkungan yang bersih dan sehat akan menciptakan kenyamanan, keamanan dan keasrian. Lingkungan yang bersih dan sehat juga akan membuat aktivitas berjalan dengan nyaman.

  Baca Juga :  Penerapan Penggunaan Media Sosial

 Menjaga Kebersihan Dimulai dari Hal yang Kecil

1) Membuang sampah pada tempatnya.

Salah satu hal kecil yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan adalah dengan membuang sampah pada tempatnya. Bersama sama mari kita tumbuhkan kesadaran dan membiasakan diri tidak membuang sampah sembarangan dari sekarang.

2) Mengurangi penggunaan plastik.

Plastik merupakan salah satu jenis bahan yang sulit untuk diurai. Jadi sebaiknya mulai dari sekarang kurangi penggunaan plastik dan kita dapat menggantinya dengan barang berjenis lain. Contohnya seperti sedotan plastik menjadi sedotan stainless, kantong plastik menjadi kantong kain, dan botol minum plastik menjadi tumbler.

3) Mendaur ulang.

Mendaur ulang dapat membantu mengurangi jumlah sampah yang ada. Daur ulang adalah proses mengolah bahan atau barang habis pakai yang sudah tidak berguna menjadi terpakai dan berguna kembali. Melakukan daur ulang juga dapat mencegah pencemaran lingkungan. Contoh mendaur ulang dari barang terpakai misalnya gunakan kembali toples bekas menjadi toples serbaguna, kardus bekas menjadi kotak tisu, dan kumpulan kain perca menjadi pakaian.

4) Melakukan penghijauan.

Penghijauan dapat kita artikan dengan menanam pepohonan. Dengan melakukan penghijauan dapat menciptakan lingkungan sekitar kita menjadi lebih segar, nyaman, dan indah. Penghijauan merupakan salah satu sarana untuk melestarikan lingkungan, agar lingkungan tetap asri dan sehat tanpa adanya pencemaran. Adanya penghijauan juga akan menurunkan suhu suatu tempat sehingga lingkungan menjadi lebih sejuk.

5) Rutin membersihkan lingkungan sekitar.

Mari bersama-sama mengajak anggota keluarga, teman-teman, dan masyarakat membersihkan lingkungan secara rutin. Kita dapat membuat daftar waktu membersihkan agar tetap konsisten dalam menjaga kebersihan. Kita tidak boleh bermalas-malasan untuk membersihkan lingkungan rumah dan sekitarnya, agar tetap terjaga kebersihan dan keasriannya.

 

Lingkungan yang Bersih akan Membuat Hidup Kita Menjadi Nyaman, Aman, dan Asri

Lingkungan yang bersih akan menciptakan suasana yang nyaman, aman, dan asri. Selain itu. membuat kita betah berada ditempat tersebut. Tentu saja lingkungan yang bersih sudah menjadi dambaan semua orang. Menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan indah dapat dilakukan oleh semua orang. Kebersihan juga akan membuat lingkungan menjadi lebih sejuk dan terbebas dari pencemaran udara.

Terhindar dari Berbagai Penyakit

Lingkungan yang bersih sangat mempengaruhi kesehatan kita semua. Karena lingkungan yang bersih sudah pasti menjadi lingkungan yang sehat bagi kehidupan manusia. Dengan lingkungan yang bersih akan membuat kita terhindar dari berbagai sumber penyakit yang membahayakan tubuh manusia. Menjaga kebersihan lingkungan sangatlah penting, sama halnya dengan menjaga kesehatan diri sendiri. Kesehatan itu sangatlah berharga, jadi mari bersama menjaga kebersihan lingkungan.

Selanjutnya, apa kamu ingin punya tubuh sehat? Memiliki tubuh yang sehat sudah pasti impian semua orang. Dengan tubuh yang sehat maka kita bisa terhindar dari berbagai macam penyakit yang bisa menyerang kapan saja. Untuk itu, mulai sekarang kamu harus membiasakan diri hidup sehat. https://pid.kepri.polri.go.id/jaga-kesehatan-tubuh-agar-terhindar-dari-penyakit/

Maksud dari tubuh sehat yang berada pada kutipan diatas adalah tubuh manusia yang sehat, kuat, bugar, dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Tubuh sehat sudah menjadi dambaan setiap manusia. Untuk mempunyai tubuh yang sehat kita dapat melakukan olahraga secara rutin, memakan makanan yang bergizi, perbanyak minum air putih, dan mengelola waktu tidur dengan baik. Mari bersama-sama mempunyai tubuh yang sehat dan kuat.

Baca Juga : https://www.sastrapuna.com/2023/12/smp-negeri-1-lhokseumawe-gelar.html


Simpulan:

Jika kebersihan lingkungan sekitar tidak terjaga maka lingkungan akan menjadi kotor dan membuat kita tidak nyaman berada di lingkungan tersebut. Jika ini tidak ditanggapi secara serius, maka akan tercipta lingkungan yang kotor, udara yang berpolusi, sampah yang bertumpuk dan masih banyak lagi hal negatif yang akan terjadi. Maka dari itu mari bersama-sama menjaga lingkungan kita. Bersama wujudkan lingkungan bersih dan sehat. Mari mengajak anggota keluarga, sekolah, dan masyarakat untuk mewujudkannya bersama. Bersama kita pasti bisa.

 

Penulis adalah Siswa Kelas IX.E SMP Negeri 1 Lhokseumawe

Berita Terkait

Posting Komentar

0 Komentar