Membuang Sampah pada Tempatnya, Betulkah?

 

Oleh : Cut Syifa Amelia

Apa itu membuang sampah pada tempatnya? Membuang sampah adalah salah satu kegiatan membuang suatu benda yang tidak terpakai lagi ke tempat sampah. Sampah adalah sisa kegiatan sehari-hari manusia atau  proses alam yang berbentuk padat atau semi padat.

Apa tujuan membuang sampah pada tempatnya? Membuang sampah pada tempatnya bertujuan menjadikan lingkungan
bersih dan asri. Selanjutnya, sampah-sampah yang menumpuk dapat menjadi sarang penyakit, hal ini dikarenakan virus dan bakteri-bakteri lainnya menyukai tempat-tempat yang sangat kotor dan bau dapat berkembang biak. Mereka akan memperbanyak diri mereka dan kemudian menyebar melalui udara. Virus dan bakteri inilah yang nantinya akan terhirup oleh manusia sehingga kita bisa terjangkit beberapa penyakit, seperti disentri, demam, dan lain-lain.

Selain itu, sampah-sampah yang menumpuk itu akan menimbulkan bau yang tidak sedap, sehingga mengundang lalat-lalat untuk hinggap. Kemudian, lalat tersebut akan hinggap di makanan kita. Akibatnya, makanan kita akan tercemar virus dan bakteri berbahaya. Apabila kita mengkonsumsinya, maka kita akan terkena penyakit seperti disentri, diare, gangguan pencernaan, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, buanglah sampah pada tempatnya agar tidak menjadi sarang bagi virus dan bakteri.

Apa dampak yang timbul jika kita membuang sampah sembarangan? membuang sampah sembarang berdampak pada lingkungan sekitar jika kita menumpuk numpukan sampah itu bisa terjadi banjir dan masalah lingkungan lainnya oleh sebab itu marilah kita buang sampah pada tempatnya, dan menjaga lingkungan sekitar agar terhindar dari wabah penyakit dan kuman. Maka dari itu kita membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya memberikan pengaruh yang baik bagi kita semua.

Dampak membuang sampah sembarangan akan merusak pemandangan, mendatangkan bau yang tidak sedap, mendatangkan banjir, mendatangkan berbagai penyakit dan mencemari lingkungan. Maka dari itu muali sekarang marilah kita membiasakan diri untuk tidak membuang sampah sembarangan,

Buang sampah pada tempatnya menumbuhkan kesadaran dalam diri sendiri untuk tidak merusak lingkungan dengan sampah, mulailah tanamkan niat bahwa kita harus membuang sampah pada tempatnya dan kita lebih menghargai lingkungan yang bersih.

Marilah kita semangat untuk membuang sampah pada tempatnya agar lingkungan bersih dan asri dan marilah menanam pohon agar lingkungan asri dan bersih juga dapat menghasilkan udara yang bersih bagi kita, marilah kita membersihkan lingkungan sekitar kita dengan cara gotong royong, marilah kita menjaga lingkungan yang bersih agar anak cucu  kita hidup dengan tidak adanya sampah yang berserakan.

Membuang sampah pada tempatnya akan membuat lingkungan akan bersih dan rapi sehingga nyaman untuk dilihat maupun ditempati,  ada banyak manfaat yang didapatkan jika kita membuang sampah pada tempatnya diantaranya :

1.      Terhindar dari penyakit,  banyak yang mengatakan sampah adalah sumber penyakit, selain merusak pemandangan, kuman yang terdapat disampah akan berkembang biak apabila tidak segera dibersihkan, apalagi jika sampah itu dibiarkan bertumpuk lama, akibat tumpukan itu dapat berkembang biak hewan pembawwa penyakit seperti nyamuk, kecoak, lalat dan tikus.

2. Memudahkan daur ulang sampah, membuang sampah pada tempatnya dapat memudahkan pengelolaan sampah sehingga juga dapat di daur ulang. Terlebih jika sampah dibuang berdasarkan jenisnya, yaitu sampah organic, sampah kertas, sampah non daur ulang, dan sampah daur ulang. Dengan demikian, sampah yang dapat didaur ulang bias berubah menjadi barang bernilai atau bermanfaat. Bahkan, hasil daur ulang itu dapat meningkatkan ekonomi karena bias mendatangkan keuntungan dengan dijual kembali.

3.      Mencegah bajir, salah satu penyebab banjir di berbagai wilayah Indonesia adalah karena banyaknya sampah yang berserakan. Sampah yang dibuang sembarangan itu menutupi saluran-saluran air sehingga menjadi mampet. Akibatnya air hujan tidak bias mengalir hingga meluap ke tempat sekitar.

4.    Mencegah bau tak sedap, tumpukan sampah, terlebih sampah organic yang dibiarkan begitu saja, akan mengeluarkan bau tak sedap. Hal itu tentunya sangat menggangu kenyamanan dalam beraktivitas. Oleh sebab itu, upaya membuang sampah pada tempatnya harus diterapkan. Dengan begitu, lingkungan menjadi lebih bersih, rapi dan nyaman untuk di tinggali. Hasilnya seseorang dapat menjalani segala aktivitasnya dengan nyaman.

    Kegiatan membuang sampah pada tempatnya sangat mudah dilakukan tetapi masih banyak orang yang tidak membuang sampah pada tempatnya, apalagi jika membuang sampah karena keterpaksaan pasti sangat tidak baik, membuang sampah pada tempatnya adalah hal yang sangat baik, lingkungan bisa menjadi bersih, sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit, membuang sampah pada tempatnya adalah hal simple yg sangat mudah dilakukan oleh sebab itu marilah kita membuang sampah pada tempatnya.

Bagaimana Kita Bisa Membuang Sampah pada Tempatnya dengan Benar?

Ada beberapa langkah sederhana yang dapat kita ikuti untuk membuang sampah pada tempatnya dengan benar :

1.     Pastikan kita selalu membawa tas atau wadah khusus untuk sampah ketika bepergian, hal ini akan memudahkan kita untuk menyimpan sampah dan membuangnya pada tempat yang telah disediakan, seperti tempat sampah atau kotak sampah yang ada di berbagai tempat umum.

2.   Kita perlu memilah sampah sebelum membuangnya. Sampah organik dan sampah non-organik sebaiknya dipisahkan agar dapat diolah secara lebih efisien. Sampah organik dapat diolah menjadi pupuk kompos, sementara sampah non-organik seperti plastik, kertas, dan logam dapat didaur ulang.

3.        Menjadi teladan bagi orang lain dengan membuang sampah pada tempatnya. Jika kita melihat orang lain membuang sampah sembarangan, jangan ragu untuk mengingatkan mereka agar lebih peduli terhadap lingkungan. Dengan bersama-sama mengedukasi dan menerapkan kebiasaan membuang sampah pada tempatnya, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan indah.

Kita sebagai generasi muda harus berjuang dan mengajak semua kalangan agar senatiasa membuang sampah pada tempatnya, kalau saja kita sebagai generasi penerus tidak mengingatkan semua orang agar selalu membuang sampah pada tempatnya siapa lagi yang akan menjaga lingkungan yang bersih dan asri selalu terlihat rapi dan bersih. Saya ingin mengajak orang –orang disekita saya setidaknya jangan tidak membuang sampah sembarangandan lebih menghargai lingkungan, kesadaran inilah harus dibentuk dari dasar pemikiran seseorang, terkadang kita tidak bias memaksa seseorang untuk melakukan yang bukan kebiasaannya, tetapi dengan adanya artikel ini semoga semua orang dan teman-teman saya bisa memahami pentingnya membuang sampah pada tempaynya,

Simpulan:

Membuang sampah pada tempatnya adalah tanggung jawab kita sebagai warga yang peduli terhadap lingkungan. Dengan menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan sekitar kita, kita juga ikut berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi generasi mendatang. Mari kita tingkatkan kesadaran dan bertindak sekarang juga untuk membuang sampah pada tempatnya. Bersama, kita mampu menjaga lingkungan yang lebih baik untuk kita semua. Semoga artikel ini bermanfaat untuk saya sendiri dan teman-teman semua yang membaca.

Penulis adalah  Siswa  SMP Negeri 1 Lhokseumawe

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berita Terkait

Posting Komentar

0 Komentar