Dua Siswa SMA N 1 Lhokseumawe Raih Juara pada Seleksi Duta Pelajar Sadar Hukum

Lhokseumawe, 19 Oktober 2023.Raihanah Az-Zahra dan Fachri Ferya siswa SMA Negeri 1 Lhokseumawe berhasil meraih juara pada Seleksi Duta Pelajar Sadar Hukum Kota Lhokseumawe. Seleksi tersebut diselenggarakan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Lhokseumawe, dan berkolaborasi dengan Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Lhokseumawe. Seleksi tersebut dilaksanakan di Aula Cabang Dinas Pendidikan Kota Lhokseumawe yang berlangsung sejak tanggal 17 s.d 18 Oktober 2023. 

Baca Juga: Sertijab Pengurus OSIS SMA Negeri 1 Lhokseumawe Periode 2023/2024 Berlangsung Khidmad

Perlombaan ini diikuti oleh berbagai partisipan pelajar tingkat SMA/MA/sederajat Se-Kota Lhokseumawe. Diselenggarakan perlombaan ini sebagai pelopor untuk membangun bangsa depan pada generasi selanjutnya yang berdampak baik bagi masyarakat.

Agenda ini dibuka dengan kata sambutan dari Bapak Kacabdin  Wilayah Kota Lhokseumawe Supriariadi, S.Pd., M.Pd dan Bapak Kasi Kajari Saifuddin SH MH. Selanjutnya partisipan akan memilih salah satu dari 4 materi yang akan disampaikan, yakni: kewenangan kejaksaan, narkoba, UU ITE, dan korupsi. Berdasarkan materi UU ITE (Undang-Undang Informasi Teknologi dan Elektronik) maka Raihanah Az-Zahra berhasil keluar meraih juara 1 kategori perempuan, dan Fachri Ferya meraih juara 2 kategori laki-laki setelah mengalahkan 38 peserta dari 19 sekolah di Lhokseumawe. 

Penyerahan hadiah dilakukan oleh Bapak Kacabdin dan Bapak Kasi Kajari. Sehingga dengan hal ini mereka berhak mendapat apresiasi dari seluruh pihak sekolah SMA Negeri 1 Lhokseumawe dan akan mengikuti tahap seleksi selanjutnya di tingkat Provinsi Aceh. Acara tersebut diakhiri dengan agenda foto bersama dan penutupan oleh Bapak Kasi Datun Kejari Muhammad Azril SH MH. 

Berbagai persiapan telah dilakukan oleh kedua sang juara tersebut sejak 2 Minggu menjelang seleksi. Di antaranya mendalami pemahaman terhadap pasal-pasal di dalam undang-undang, dan berbagai penegakan hukum di Indonesia. 

Raihanah Az-Zahra sebagai juara dalam paparannya merasa senang dengan keberhasilan yang diraihnya pada ajang seleksi ini karena berbagai pengorbanan yang harus dilakukan. 

Selanjutnya, Drs. Saifuddin, M.M. sebagai kepala SMA Negeri 1 Lhokseumawe  dihubungi secara terpisah mengatakan bahwa  keberadaan siswa SMA Negeri 1 Lhokseumawe dalam event tahunan ini merupakan hasil dari yang begitu berat. Menurutnya selama tiga tahun terakhir, baru  tahun ini SMA Negeri 1 Lhokseumawe berhasil meraih juara dalam kegiatan Duta Pelajar Sadar Hukum. 

Dalam kesempatan tersebut Beliau mengucapkan selamat kepada Siswa, pembina dan pembimbing atas juara yang diraih. Semoga para juara ini bisa  meraih kemenangan di tinggkat provinsi serta membawa harum Kota Lhokseumawe. Ujarnya sambil menutup pembicaraan. 


Konstributor: Achmad Fayyadh  ( Tim Jurnalis OSIS Smansa)

Berita Terkait

Posting Komentar

0 Komentar