Edukasi Manajamen Hipertensi pada Keluarga



Sastrapuna.com Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Lhokseumawe menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian tersebut dilaksanakan pada Minggu (20/8) di Gampong Lhok Mon Puteh, Kec. Muara Dua Kota Lhokseumawe. 

Ketua Prodi Ilmu Keperawatan STIKes Muhammadiyah Lhokseumawe, Ns. Novia Rizana, M.Kep menjelaskan bahwa pengabdian kepada masyarakat tersebut mengangkat tema Edukasi Manajemen Hipertensi pada Keluarga.

“Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan salah satu kewajiban Tridarma Perguruan Tinggi bagi dosen. Saat ini kami melaksanakannya di Gampong ini dengan mengedukasikan Penyakit Hipertensi ” ujar Novia. 

Ketua pelaksana pengabdian kepada masyarakat, juga Ns.Novia Rizana, M.Kep, menyebutkan bahwa darah tinggi atau yang lebih populer dengan sebutan hipertensi, tidak bisa disembuhkan. Namun, penderita tekanan darah tinggi tetap dapat hidup sehat dan terbebas dari gejala, selama bisa mengontrol tekanan darah dengan baik.

“Selain itu Manajemen hipertensi adalah pengaturan diet yang seimbang dengan diet rendah garam dan rendah lemak, perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat, pengelolaan stres, mengontrol kesehatan, olah raga teratur, dan pengobatan hipertensi” sebut Novia.

Novia menambahkan cara sederhana tetapi ampuh untuk mengontrol tekanan darah dengan cara menerapkan pola makan sehat rendah garam, rutin berolahraga, berhenti merokok, menjaga berat badan ideal, mengelola stres, mengurangi kafein, dan rutin cek tekanan darah.

Baca Juga:

Aisya Humaira, Siswa SMA N 1 Lhokseumawe, Raih Medali Emas Cabang Karate pada Lomba O2SN Tingkat Provinsi

“Kami mengharapkan dengan adanya pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan Masyarakat Gampong Lhok Mon Puteh Kec. Muara Dua Kota Lhokseumawe tentang Penyakit Hipertensi dan mampu mendorong perubahan sikap yang lebih positif dalam menanggulangi Penyakit Hipertensi pada diri sendiri dan keluarga,” pungkas Novia kepada Masyarakat setempat yang disambut tepuk tangan bersama. 

Setelah dilakukan penyuluhan dilanjutkan dengan pemeriksan kesehatan gratis pada masyarakat yang dipandu oleh Sarah Nadia, M.K.M, Ns. Nanda Fitria, M.Kep (*) 

Editor: Muklis Puna

Berita Terkait

Posting Komentar

0 Komentar