Dampak Positive dan Negatif Pada Self-Talk

 

Oleh;Nabila Thurfani

Apa itu Self-Talk? Seperti yang diketahui, self-talk adalah berbicara atau berkomunikasi dengan diri sendiri atau disebut juga dengan monolog. Tapi sebenarnya apa itu self-talk menurut para ahli Psikologi?, 

Menurut Cox “self-talk merupakan teknik yang efektif untuk mengontrol pikiran dan memengaruhi perasaan, yang mana kedua hal tersebut akan menimbulkan kepercayaan diri yang akan memengaruhi perfoma”(Holland, 2003). Menurut Joel Chue seorang yang membahas tentang self-talk, sekaligus penulis buku secret to Unlocking You Real Potentials. Menurutnya, “saat seseorang yang akan memulai aktivitasnya di pagi hari atau sehari sebelumnya, seseorang perlu berkata positif, berfikir positif kepada dirinya sendiri untuk meraih hal-hal yang positif” (Jim, 2011, hal.14)

Baca juga: Sastra dan politik

Self-talk adalah salah satu teknik keterampilan mental dasar dalam melatih keterampilan mental. Jadi dapat disimpulkan bahwa self-talk itu sendiri adalah cara seseorang untuk mengontrol pikiran dan perasaanya sendiri untuk menimbulkan kepercayaan diri seseorang menuju atau meraih hal-hal yang positif. 

Self-talk juga dapat meningkatkan kontrol terhadap energi dan memberi energi positif dengan berkata seperti “tenang”, “sabar”, “semua akan baik-baik saja”, “aku pasti bisa”, dan kata-kata positif lainnya. Penggunaan self-talk secara efektif juga dapat mengontrol sifat seseorang, pola perilaku yang kurang baik atau kurang bagus dapat dirubah menjadi lebih baik.

Self-talk terbagi dua, ada self-talk negatif dan self-talk positif.

Macam-Macam Self-Talk

Self-Talk Positif

Self-talk positif adalah mengarfirmasi kan diri sendiri dengan perkataan atau kalimat-kalimat di saat kita sedang menghadapi masalah, emosi yang tidak stabil, saat di pagi hari ketika ingin melakukan kegiatan-kegiatan, dan saat kita sedang cemas, gugup ataupun gerogi.

Dengan seseorang mengarfirmasi kan dirinya sendiri dengan kata-kata ataupun kalimat yang baik, itu akan dapat membuat kita nyaman dengan diri kita sendiri, dapat mendorong diri kita untuk terus maju , berfikir secata optimis, termotivasi, dan dapat membuat kita selalu bisa melihat sisi yang baik dari diri kita sendiri maupun orang lain. 


Self-Talk Negatif

Self-talk negatif ini sangat berbaya kalo dilakukan, karena jika kita melakukan self-talk negatif itu akan membuat menurunnya motivasi pada diri seseorang, menurunnya semangat seseorang dan meningkatkan perasaan tidak berdaya pada diri seseorang. 

Self-talk negatif ini adalah melakukan percakapan pada diri sendiri dengan kalimat-kalimat ataupun kata-kata yang negatif. Contoh dari kata-kata negatif nya itu seperti “susah banget”, “aku gak bisa”, “takut”, dan kata-kata negatif lainnya. Self-talk negatif ini  juga dapat menyebabkan depresi, merasa rendah diri, dan khawatir yang berlebihan.

Kedua self-talk ini dapat dipengaruhi oleh keadaan diri seseorang dalam menyikapi suatu hal.


Dampak Self-Talk 

Seperti yang kita ketahui dari kata “dampak”, dampak ini berpacu kepada suatu hal yang negatif maupun postif. Jadi apa saja ya dampak dari self-talk negatif? Dan apa itu dampak dari self-talk positif?.


Adapun dampak sef-talk negatif adalah...

Perfeksionis

Seseorang melakukan suatu hal harus sempurna dan hal ini biasanya sedikit memaksakan diri seseorang tersebut.

Pemikiran Terbatas

Biasanya seseorang akan tidak bisa melakukan sesuatu, hal yang ada dipiran tersebut atau hal negatif yang kita pikirkan tersebut akan benar-benar terjadi.

Perasaan Depresi 

Ketika seseorang tidak bisa mencegah self-talk negatif itu dapat membuat seseorang depresi.

Muncul Tantangan Dengan Berhungan Dengan Orang Lain.

Disaat kita terlalu sering melakukan self-talk negatif itu dapat memicu munculnya kebiasaan yang dapat mengganggu orang lain. Misalnya menjadi kurang percaya diri ataupun minder dengan orang lain.

Dampak self-talk positif adalah…
Memfokuskan diri
Meningkatkan sistem kekebalan tubuh 
Menjadi seseorang yang semangat dan penuh energi
Mengurangi stres
Dan selalu berfikir positif.


Kelebihan dan Kelemahan Self-Talk  

Kelebihan dari self-talk ini sendiri adalah dapat menenagkan hati dan diri seseorang kelelahan maupun kalut, dengan cara kita berfikir positif maka itu dapat meningkatkan kualitas performa, optimisme dan hasrat diri kita.

Kelemahan dari self-talk itu sendiri adalah harus diperlukan terapis agar tidak memaksakan kehendak diri, serta dapat mengenali dir sendiri.  

Penulis  adalah Mahasiswa Psikologi  Universitas  Syiah Kuala  Banda Aceh 

Berita Terkait

Posting Komentar

0 Komentar