Dampak Global Warming bagi Kelangsungan Hidup di Bumi

Dampak Global Warming bagi Kelangsungan Hidup di Bumi

Oleh:Yesen

Tenggelamnya daerah daerah dataran rendah dalam waktu dekat ini semakin nyata,mengapa hal demikian dapat terjadi?karena permukaan air laut semakin naik yang dapat mencapai ketinggian daerah yang memiliki dataran yang cukup rendah.

Meningkatnya permukaan air laut tersebut terjadi diakibatkan dari semakin parahnya global warming.Global warming merupakan ancaman yang sangat nyata di depan mata jika tidak kita redam mulai dari sekarang.Kehancuran bumi akibat global warming bisa dan akan terjadi tidak lama lagi.penulis disini akan menjelaskan tentang dampak dari global warming.

Apa itu Global Warming?,Global Warming atau yang biasa disebut "Pemanasan Global" adalah suatu kejadian dimana suhu rata rata dunia meningkat.Hal ini semakin nyata karena penggunaan green energy yang belum maksimal,masih banyaknya penggunaan pembangkit listrik tenaga batu bara,penggunaan kendaraan berbahan bakar minyak,mesin atau pun alat alat lainnya yang menghasilkan karbondioksida dalam jumlah besar.

Baca Juga: https://www.sastrapuna.com/2022/10/strategi-guru-dalam-menanggulangi.html?m=1

Faktor penyebab dari global warming ini masih banyak dimiliki oleh negara negara di dunia.Hal ini disebabkan karena perotasian dari penggunaan energi yang tidak ramah lingkungan ke energi yang ramah lingkungan memerlukan biaya yang sangat besar dan waktu yang sangat lama.Menurut Wikipedia "Pemanasan global (bahasa Inggris: global warming) (juga disebut perubahan iklim atau krisis iklim) adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata udara, atmosfer, laut, dan daratan Bumi.

Perubahan iklim saat ini disebabkan oleh pencemaran gas rumah kaca, terutama karbon dioksida (CO2) dan metana. Pembakaran bahan bakar fosil seperti batu bara, bensin, dan solar untuk produksi energi menciptakan sebagian besar pencemaran    ini."https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pemanasan_global di akses pada tanggal 27-10-2022.

Sebenarnya,selain dari faktor penyebab global warming di atas,masih ada lagi contoh dari penyebab global warming seperti pembukaan lahan,pengerukan terhadap tanah humus. Pembukaan lahan dan pengerukan tanah humus biasanya menggunakan alat alat berat seperti excavator,namun dalam pembukaan lahan,penggunaan gergaji mesin lebih sering kita jumpai dalam fakta lapangan.Kurang nya pohon akan menyebabkan berkurangnya gas CO2 yang dapat diubah menjadi oksigen,dan pengerukan tanah humus dapat menyebabkan gas gas CO2 yang tertimbun menguap ke udara.Sebenarnya hal hal ini boleh saja dilakukan jika sesuai dengan peraturan peraturan yang telah di tetapkan.

Efek Rumah Kaca ada suatu istilah yang digunakan untuk menyampaikan efek seperti rumah kaca yang ada di bumi sehingga memerangkap sinar ultraviolet matahari,secara sederhana,efek rumah kaca merupakan menurunnya konsentrasi ozon (O3) pada lapisan stratosfer,sehingga sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh matahari yang telah masuk ke bumi, tidak dapat dipantulkan kembali keluar bumi karena ditahan oleh efek rumah kaca tersebut.

Biasanya penyebab dari efek rumah kaca ini adalah dari gas karbondioksida yang dihasilkan oleh perangkat perangkat yang dibuat manusia ataupun hasil gas C02 secara alami.Penggunaan energi Fossil seperti minyak bumi menjadi penyebab terbesar meningkatnya gas karbondioksida. Adapun penambahan gas CO2 secara alami yaitu seperti pernafasan manusia ataupun hewan,selain itu letusan gunung berapi juga dapat menjadi salah satu penyebabnya.

Global Warming dapat memberikan sangat banyak dampak negatif pada kelangsungan makhluk hidup.Suhu bumi yang stabil,tidak terlalu panas,tidak terlalu dingin,dan tidak dapat melelehkan es kutub secara besar besaran menjadi faktor untuk kelangsungan kehidupan global.

Dampak negatif dari global warming itu sendiri adalah seperti efek rumah kaca yang sudah dijelaskan di atas.Menurunnya pendapatan para pedagang di sekitar daerah objek wisata pantai,tenggelamnya daerah/pulau/kota yang memiliki dataran yang rendah contohnya seperti mulai nya tenggelam daerah Utara Jakarta dan di tahun 2050.

Jakarta akan tenggelam sepenuhnya.Hal ini disebabkan karena meningkatnya permukaan air laut yang disebabkan oleh melelehnya es di kutub,sementara itu es di kutub itu sendiri dapat meleleh karena suhu bumi yang panas,yang dapat menyebabkan es es meleleh.selain dampak negatif di atas,ada lagi dampak negatif lainnya seperti,manusia,hewan,tumbuhan akan merasakan salah satu dampak dari peningkatan permukaan air laut yaitu berkurangnya daratan yang dapat menjadi habitat untuk kelangsungan hidup manusia,hewan ataupun tumbuhan.Selain itu,hewan dan manusia juga akan sulit untuk mendapatkan makanan karena terjadinya.

Kebakaran hutan dimana mana yang disebabkan oleh suhu yang tinggi sehingga menghasilkan gas CO2 semakin banyak lagi.Hal ini disebabkan karena suhu bumi yang panas dapat dengan mudahnya membakar bahan bahan organik kering.Hewan pemakan tumbuhan (Herbivora) akan sangat sulit untuk mencari makanan dan bisa saja satu per satu spesies dari hewan hewan herbivora akan punah,menyebabkan rusaknya rantai makanan yang ujung ujung nya akan terjadi kepunahan pada beberapa hewan lainnya dan akan berakhir pada kepunahan massal.Bumi bisa saja menjadi bola air jika seluruh es di kutub mencair.walaupun ada sangat banyak hewan hewan yang habitatnya di laut,dan kalian berfikir bahwa mereka akan dapat melangsungkan kehidupan,kalian salah besar!,mereka akan punah juga dikarenakan suhu air yang akan meningkat secara drastis.

Global warming juga dapat menghasilkan dampak buruk bagi sektor pertanian dan perkebunan dunia,pasalnya peningkatan suhu dunia ini dapat menyebabkan kekeringan di seluruh dunia, tanah tanah yang ada tidak lagi dapat digunakan sebagai lahan pertanian,tanah mengalami keretakan dan sangat kering.Sehingga manusia akan sangat sulit menjaga kelangsungan hidup di kondisi yang  ekstrim ini.Suhu di bumi yang meningkat juga akan dapat menyebabkan gelombang panas yang akan melanda di seluruh dunia,apa lagi daerah daerah seperti gurun Sahara,daerah tersebut sudah dapat dipastikan akan terjadi gelombang panas,dengan adanya gelombang panas ini akan terjadi kebakaran hutan akan terjadi dimana mana,kekeringan juga akan terjadi dimana mana.

Dalam kondisi ini,sangat tidak mungkin tidak akan terjadi badai pasir yang akan mengguncang seluruh dunia yang akan menyebabkan visibilty yang menurun drastis,gangguan pernafasan pada manusia dan hewan,serta rusaknya infrastruktur infrastruktur yang telah dibangun oleh umat manusia selama ini.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas,Global warming ialah suatu kondisi dimana suhu rata rata dunia akan meningkat yang dapat menyebabkan sangat banyak dampak negatif bagi hewan,manusia,ataupun tumbuhan,yang disebabkan oleh efek rumah kaca yang semakin parah.

Badai dimana mana,musim kemarau berkepanjangan,gagal panen,hilang nya sumber mata air bersih,berkurangnya habitat makhluk hidup merupakan beberapa contoh dari dampak global warming ini. Jadi,kita sebagai generasi muda,sebagai manusia yang masih dapat bekerja,berinovasi,dan berusaha,alangkah baiknya kita mengurangi konsumsi energi Fossil seperti bahan bakar minyak,perbanyak penggunaan sepeda,green energy, solar panel dan lain sebagainya, kembangkan inovasi inovasi dalam bidang teknologi,seperti pengembangan mesin mesin filtrasi CO2 menjadi O2.

Mesin/alat/teknologi yang dapat menciptakan suatu energi yang dapat terbarukan dan sangat minim dampak negati.P engembangan artificial intelligence juga dapat dikebut oleh anak anak muda millenial yang hobi dalam bilang information technology ataupun non bidang information technology. 

Dengan adanya artificial intelligence (kecerdasan buatan) ini dapat sangat sangat membantu manusia,karena A.I ini dapat memproses ribuan data dalam waktu yang singkat,sehingga tidak perlu memerlukan eksperimen yang sangat banyak dan menghabiskan waktu serta modal untuk mencari suatu solusi seperti  yang dilakukan oleh manusia.

Penulis adalah  siswa kelas X-10 unggul SMAN 1 Lhokseumawe

Berita Terkait

Posting Komentar

0 Komentar