Ancaman Tersembunyi di balik Gizi Buruk

Oleh Nadia Uzhba

Diindonesia sekarang sedang terjadi fenomena tentang gizi buruk,Namun dikalangan masyarakat masih banyak yang belum sadar tentang timbulnya gizi buruk.Ini semua disebabkan masyarakat masyarakat golongan menengah bawah tidak mampu untuk mencari tau tentang gizi buruk.

Saat ini diindonesia gizi buruk berkembang di daerah perkampungan yang jauh dari kata bersih.Penting untuk menyadari bahwa gizi buruk tidak hanya tentang kurangnya makanan, tetapi juga tentang kurangnya akses terhadap makanan berkualitas dan kekurangan gizi spesifik seperti zat besi, vitamin A, dan protein.

Selanjutnya gizi buruk adalah Gizi merupakan bagian dari proses kehidupan dan proses tumbuh kembang seseorang, sehingga memenuhi kebutuhan gizi secara memadai serta menentukan kualitas tumbuh kembang sebagai sumber manusia di masa datang, (Soetjiningsih 2002).https://idtesis.com/pengertian-gizi-kurang/di akses tanggal 6 maret 2024

Proses tumbuh kembang yang dimaksud dalam kutipan di atas adalah proses keberlangsungan hidup masyarakat mengenai kesehatan makanan dan membuat masyarakat mengetahui apa yang harus di lakukan jika terkena gizi buruk.

penanganan gizi buruk melibatkan upaya untuk meningkatkan akses terhadap makanan bergizi, pendidikan gizi, pemberian suplemen, dan intervensi medis yang tepat kepada masyarakat yang membutuhkan.

Penyebab Gizi Buruk

Penyebab gizi buruk karena kurangnya makanan sehat,kemiskinan ,kurangnya pendidikan tentang kesehatan,dan tidak bisa menjaga kebersihan.gizi buruk sangat bahaya di kalangan masyarakat yang kurangnya kesadaran.

Gizi buruk bukanlah hanya tentang kekurangan nutrisi yang terlihat secara langsung. Ancaman tersembunyi gizi buruk merupakan masalah yang lebih kompleks, yang dapat berdampak jangka panjang terhadap generasi mendatang.

Ancaman ini meliputi aspek-aspek seperti keterbatasan makanan bergizi untuk kalangan bawah, pola makan yang tidak seimbang dikarenakan kurangnya kesadaran, serta kurangnya pemahaman tentang pentingnya nutrisi bagi perkembangan anak-anak biasanya terjadi di daerah perdesaan.Ancaman gizi buruk merupakan masalah serius yang dapat memiliki dampak jangka panjang terhadap pertumbuhan, perkembangan, dan kualitas hidup generasi mendatang.

Dampak  Gizi Buruk

Salah satu ancaman utama dari gizi buruk adalah dampaknya terhadap pertumbuhan dan perkembangan fisik  anak- anak di Indonesia. Kekurangan nutrisi pada masa perkembangan dapat menyebabkan gangguan pertumbuhannya anak anak, lemahnya daya tahan tubuh, dan juga masalah kesehatan lainnya yang berdampak pada aktivitas kehidupan di kemudian hari.

Selain itu, gizi buruk yang juga dapat memengaruhi kemampuan belajar dan prestasi akademis anak-anak apalagi prestasi di bidang non-akademis. Kekurangan nutrisi dapat menyebabkan penurunan konsentrasi anak anak.Hal ini dapat menghambat potensi anak-anak untuk mencapai prestasi akademis dan non-akademis yang optimal dan mengurangi peluang mereka untuk meraih kesuksesan di masa depan.

Pencegahan Gizi Buruk

Untuk mengatasi ancaman tersembunyi gizi buruk, diperlukan upaya yang baik dari berbagai pihak, termasuk pemerintah Indonesia, lembaga internasional, organisasi masyarakat sipil, serta individu dan lain lain.

Langkah-langkah yang bisa kita diambil termasuk peningkatan akses terhadap makanan bergizi, pendidikan gizi yang lebih luas, promosi pola makan sehat, serta penguatan kebijakan yang mendukung nutrisi anak-anak di Indonesia yang berkenaan dengan gizi anak Indonesia.

Dengan upaya yang berkelanjutan dan kolaborasi, kita dapat menyelamatkan generasi indonesia dari ancaman gizi buruk dan memberikan mereka kesempatan untuk tumbuh dan berkembang dengan baik,sebaiknya lebih mengutamakan masyarakat desa yang kurang pemahaman tentang gizi anak indonesia sehingga hal ini dapat mewujudkan masyarakat indonesia yang lebih sehat,cerdas,berkembang dan produktif di masa yang akan datang


Penulis adalah siswa Kelas X.9 Unggul 

Berita Terkait

Posting Komentar

0 Komentar