Tantangan Menulis bagi Pemula

 

 Oleh: Mukhlis, S.Pd., M.Pd.

Tulisan yang berkarakter adalah tulisan yang mewakilkan semua objek yang ditulis. Secara gramatikal sebenarnya bukan hanya itu, akan tetapi tulisan tersebut harus mempunyai kesepahaman antara maksud dan tujuan penulis dengan pembaca.

Tulisan berkarakter tidak berkorelasi dengan jumlah kalimat yang yang digunakan.  Adanya' kesenjangan dan solusi  terhadap masalah yang disajikan memberikan gambaran umum bahwa tulisan itu sudah memiliki ruh yang sesuai dengan objek sajiannya. 

Baca Juga: Sembilan Langkah Menulis Konsep Tanpa Plagiat

Apapun  jenis tulisan yang dipilih, penulis selalu mengangkat sebuah masalah yang fenomenal. Namun konsep masalah yang kurang dipahami oleh penulis selama ini. Hal ini tampak pada setiap ulasan yang dipaparkan. Sering penulis menyeret pembaca pada landing tulisan begitu menggebu- gebu, tetapi pada saat pembaca terbang dalam  bacaan ia tersiksa dan sesak oleh udara dan polusi tulisan.

Dalam penulisan jenis naratif, penulis tidak terlalu dipasung oleh aturan kebahasaan yang begitu ketat layaknya menulis karya tulis ilmiah. Penulis pemula sering  terjebak dalam jeratan kebahasaan seperti ini, sehingga motivasi menulis dikungkung oleh aturan tersebut. 

Dalam teks teks  naratif  dan teks naratif deskriptif penulis lebih bebas berlayar menebar jaring jaring imajinasi untuk menangkap diksi diksi yang bernuansa dan tidak bersifat kaku. Menghadapi hal seperti itu kadang kadang penulis pemula mengidap penyair phobia terhadap pengangkangan unsur kebahasaan. 

Cara sehat keluar dari phobia di atas, seorang penulis dapat memulai dengan memilih ragam tulisan santai. Ragam santai atau sering dilabeli dengan esai ini dapat menumbuhkan motivasi awal dalam menulis.  

Baca Juga: Kekerasan Verbal Masih Dianggap Sepele

Walaupun tergolong ragam santai bukan berati sang  juru tulis boleh memperkosa bahasa dengan syahwat  pleonastis yang bersifat lebay. Akan tetapi, seluruh aturan yang berhubungan dengan. Fonologi, morfologi, sintaksis, wacana  dan ejaan harus tetap jadi prioritas yang harus diikuti. 

Jika  aturan yang menjadikan jembatan menulis menuju sukses sudah disebutkan di atas dilanggar, dapat dibayangkan bagaimana bentuk dan makna tulisan yang dihasilkan. Perlu diperhatikan bahwa tulisan yang baik adalah bukan kumpulan kata yang begitu banyak dan meluap -luap gaya bahasa. Namun kualitas dari bahasa itu sendiri menentukan tujuan, pesan dan tema yang ingin disampaikan. 

Harus diakui, setuju atau tidak, sepaham atau berlawanan penulis di Indonesia berdiri pada dua kaki. Artinya, satu sisi ia dituntut untuk menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar. 

Sisi selanjutnya Ia harus bertindak sebagai creator merangkai bahasa seindah mungkin untuk memunculkan rangsangan pembaca terhadap setiap hidangan tulisan yang disajikan.  Masalah ini terus menghantui hampir setiap penulis, terutama pada tahap awal menulis.  

Dalam sebuah forum kebahasaan masalah ini pernah mencuat dan jadi bola liar untuk ditanggapi oleh pakar linguistik dan pakar sastra yang berbeda haluan. Epistemologi ilmu kebahasaan  Indonesia juga masih gamang untuk menjawab masalah  pelik ini.  

Seorang pakar bahasa dari universitas terkemuka Indonesia pernah memberikan gambaran bahwa tidak ada satu orang penyair, Esais dan cerpenis kita yang melanggar kode etik kebahasaan. Melalui beberapa contoh puisi dan cerpen yang dipaparkan sang pakar mengeluarkan semua rekaman bacaannya untuk menguatkan idenya. 

Nah.. ! Ketika pertanyaan yang berhubungan dengan stilistika dan gaya bahasa  sang pakar juga mengeluarkan teori -teori yang luar biasa untuk menanggulangi banjir penasaran para peserta. Sayang ...!diantara peserta mengernyitkan keningnya menunjukkan adanya penjelasan yang belum sesuai harapan.

Ilustrasi ini menggambarkan bahwa  belum ada standar baku dalam bahasa Indonesia mengenai tulisan- tulisan yang bersifat dan bersumber dari imaji dalam bentuk naratif. Pada penulisan Karya tulis ilmiah aturan tersebut tampak kentara dan tidak dapat ditawar- tawar.

Simpulan.

Tulisan ini tidak untuk menakut- nakuti, akan tetapi lebih kepada instrospeksi keilmuan yang berkembang di masyarakat. selanjutnya  adanya' benang merah antara menulis sastra dan karya ilmiah merupakan tantangan tersendiri bagi penulis pemula. 

Penulis adalah Pemimpin Redaksi Jurnal Aceh Edukasi dan Guru SMA Negeri 1 Lhokseumawe 


 

Berita Terkait

There is no other posts in this category.

Posting Komentar

2 Komentar