Dampak Penggunaan Obat Terlarang di Lingkungan Kota Lhokseumawe

 

Dampak Penggunaan Obat Terlarang di Lingkungan Kota Lhokseumawe

 Oleh : Fachri Ferya

Obat terlarang sangatlah berbahaya. Apalagi zaman sekarang banyak remajmengonsumsi ini untuk menghindari kekurangannya. Dan banyak juga remaja-remaja yang terpengaruh mengonsumsi obat terlarang karena pergaulan bebas. Bahkan  sampai sekarang juga masih banyak orang yang menjadikan narkoba sebagai sumber penghasilan mereka. Di sini penulis mau menjelaskan bagaimana dampak dari penggunaan obat terlarang agar tidak disalahgunakan oleh remaja di Kota Lhokseumawe.

Apa itu obat terlarang? Obat terlarang atau yang bisa kita sebut narkoba adalah zat atau obat-obatan yang bersifat alamiah dan sintetis yang membuat seseorang bisa berhalusinasi, penurunan kesadaran, dan meningkatkan daya rangsang. 

Bagaimana cara menghindari lingkungan pertemanan yang menggunakan obat terlarang? Banyak sekali sekarang remaja terkena kasus narkoba karena ruang lingkup pertemanannya. Maka dari itu kita harus menghindari ruang lingkup pertemanan tersebut dengan cara bergabung ke ruang lingkup pertemanan yang membawa aura positif. Seperti olahraga, ikut organisasi dan lain sebagainya. Dan bisa juga kita membuat sebuah sosialisasi tentang bahaya narkoba agar semua remaja Indonesia terutama di Kota Lhokseumawe terbebas dari obat terlarang.

Baca Juga: BerandaArtikelPentingnya Herbal Temulawak Bagi Orang yang Mengidap Penyakit Anemia Pentingnya Herbal Temulawak Bagi Orang yang Mengidap Penyakit Anemia

Selain itu, cara pencegahannya bisa menggunakan dengan cara komunikasi, edukasi, dan informasi yang lebih maksimal tentang bentuk, bahaya, jenis dan lainnya. Di sini peran orang tua sangat lah penting agar remaja remaja yang  menggunakan obat terlarang bisa luluh dan paham bahwa obat terlarang itu sungguhlah berbahaya. Seperti yang kita ketahui pada zaman sekarang para remaja memiliki pemikiran yang kurang kritis jadi kurangnya kesadaran mana hal baik dan buruk. Maka dari itu remaja sekarang sering terjerumus ke penyalahgunaan narkoba.

Apa saja contoh  obat terlarang? Contoh obat terlarang antara lain ada morfin, morfin sangatlah berbahaya. Mengonsumsi morfin kita bisa mengalami efek samping antara lain sering berkeringat, mengalami rasa euforia yang tinggi dan jantung berdebar, selanjutnya ada heroin, heroin ini juga berbahaya yang memiliki efek samping berbeda yaitu, tekanan darah rendah, melemahkan otot, dan hilangnya percaya diri. Selain itu ada kokain, kokain memiliki efek samping juga seperti sering merasa gelisah, turun berat badan dan mengalami penyakit kulit. Selain itu ada contoh narkoba yaitu LSD , LSD juga memiliki efek samping yang berbahaya yaitu pupil melebar, sering berhalusinasi mengenai berbagai tempat waktu atau apa pun itu. Selain itu juga ada ganja, heroin,dan opium.

Dampak negatif mengonsumsi obat terlarang adalah dalam dosis yang tinggi mengonsumsi narkoba dapat membuat mual, muntah, dan merasa cemas secara berlebihan, dan bahkan bisa mengalami kematian. Narkoba juga sangat berbahaya untuk kesehatan otak bisa menghancurkan otak remaja di Kota Lhokseumawe dan bisa mengganggu proses pembelajaran. Bahkan ada berita bahwa narkoba dapat terinfeksi HIV dan hepatitis.

Tidak hanya itu saja, narkoba juga bisa memengaruhi kecerdasan anak remaja. Sebab obat-obatan tersebut bisa merusak memori jangka panjang dan jangka pendek, sehingga akhirnya mereka akan mengalami masalah pembelajaran dan memori di kemudian hari Narkoba juga bisa mengganggu perkembangan otak anak remaja. https://www.halodoc.com/artikel/ini-dampak-negatif-narkoba-bagi-kesehatan-dan-kecerdasan-remaja diakses 10oktober2022

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa obat terlarang sungguh lah berbahaya karena dapat merusak kecerdasan anak atau remaja. karena dalam kondisi remaja otak seorang remaja itu dalam proses pembentukan atau masih dalam kondisi labil. Pada  saat itu otak remaja lagi mencari jati dirinya. Selain itu, narkoba bisa membuat otak remaja tersebut mengalami kerusakan di bagian memorinya, karena pada saat pembelajaran seorang remaja membutuhkan memori untuk mengingat apa yang sudah di pelajari pada saat pendidikan.                       

Apa penyebab remaja mengonsumsi obat terlarang? Remaja  dalam kondisi yang sedang mencari jati dirinya dan seorang remaja itu dia masih memiliki sifat yang labil terhadap semua yang dilakukannya. Adapun faktor penyebab dari remaja di zaman sekarang mengonsumsi narkoba adalah karena rasa ingin tahu yang berlebihan terhadap obat tersebut dan lama kelamaan dia malah jadi kecanduan. Pada zaman sekarang remaja Indonesia menggunakan obat terlarang karena Ia ingin dilihat keren, padahal dengan menggunakan obat terlarang tersebut Ia menjadi orang yang paling buruk. Selain itu, penyebab yang  banyak terjadi adalah karena ruang lingkup pertemanan yang isinya pengedar dan yang suka mengonsumsi narkoba, maka dari itu kita harus berhati-hati dalam bergaul dan berkomunikasi dengan orang yang kita tidak kenal dekat.

Berdasarkan uraian di atas, bahwa narkoba sangatlah berbahaya untuk semua kalangan masyarakat terutama di ruang lingkup pertemanan. Apalagi zaman sekarang banyak korban dari penyalahgunaan narkoba ialah kaum remaja. Mengonsumsi narkoba bukanlah mendapatkan keuntungan malah mendapatkan kerugian. Maka dari itu kita sebagai remaja harus memberantas perbuatan tersebut dengan membuat organisasi pemberantas narkoba atau lain sebagainya agar negara Indonesia terbebas dari narkoba. Dan kami ingin di Kota Lhokseumawe membuat suatu organisasi pemberantas narkoba agar semua orang sadar bahwa narkoba itu sangatlah  berbahaya bahkan bisa mengalami kematian

Penulis adalah siswa kelas unggul X-9 SMA Negeri 1 Lhokseumawe

 

 

Berita Terkait

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Mantap, dari remaja emang harus sudah mulai paham buruknya narkoba. Sehingga kedepan penerus bangsa bs lebih baik. 👍🏻👍🏻👍🏻✊🏻✊🏻✊🏻

    BalasHapus