BBPOM Provinsi Aceh Cek Kelayakan Jajanan Siswa di SMA N 1 Lhokseumawe







BBPOM Provinsi Aceh  Cek  Kelayakan  Jajanan  Siswa  di  SMA N 1 Lhokseumawe

Sastrapuna.com- BBPOM Provinsi Aceh  Cek  Kelayakan  Jajanan  Siswa  di  SMA N 1 Lhokseumawe. Balai Besar  Pengawas Obat  dan  Makanan (BBPOM)  Aceh lakukan Monitoring Pemberdayaan Kader Keamanan Pangan Sekolah Program PJAS di SMA N  1 Lhokseumawe pada  hari  Kamis, 21 Juli  2022.  

Kedatangan  Tim  BPOM  tersebut disambut hangat oleh Kader dan Tim Keamanan Pangan Seklah . Tujuan utama  kehadiran TIM  ini  merupakan pemantauan kiprah Kader Keamanan Pangan di Sekolah, dan  tim  BBPOM Aceh juga melakukan sampling serta pengujian Pangan Jajanan Anak usia Sekolah (PJAS) di kantin SMAN 1 Kota Lhokseumawe 








Selanjutnya, Ibu  Ike  Ramadhanty  Daniel sebagai  Penanggung Jawab Program PJAS, menyatakan bahwa ada 4(empat) sekolah yang terpilih sebagai sekolah percontohan untuk pelaksanaan Program Prioritas Nasional Keamanan Pangan Jajanan Anak usia Sekolah (PJAS) di Kota  Lhokseumawe, yangmana salah satunya adalah SMAN 1 Kota Lhokseumawe. 

Menurutnya program ini  merupakan tindak lanjut dari  pelatihan yang sudah pernah diberikan kepada pengurus program yang dilaksanakan pada  bulan Mei  2022. Beliau menambahkan bahwa ada  10 sampel makanan  dan minuman yang  diambil di pusat  jajanan siswa ( kantin) dan langsung diuji  di tempat. 






Kegiatan Monitoring Pemberdayaan Kader Keamanan Pangan Sekolah ini merupakan rangkaian tahapan dari Pogram PN PJAS. Adapun kegiatan yang dimonitoring adalah pembentukan SK Tim Keamanann Pangan Sekolah, Penyusunan Dokumen Rencana Aksi Keamanan Pangan Sekolah, dan kegiatan mandiri yang akan dilaksanakan sekolah seperti mensosialisasikan materi keamanan pangan kepada komunitas sekolah di lingkungan SMAN 1 Kota Lhokseumawe. 

Baca Juga:SLB Gugus Wilayah III Aceh Laksanakan FLS2N untuk Anak Berkebutuhan Khusus ( ABK)

Kepala sekolah SMA Negeri 1 Lhokseumawe, Drs. Saifuddin,M.M mengatakan harapannya  agar  pihak kantin selaku  pusat penyediaan jajanan siswa  di sekolah tersebut dapat menyajikan jajanan  sehat kepada  siswa  dan  guru. 

Kemudian  beliau menghimbau agar semua kantin  yang  berada  di lingkungan sekolah harus memenuhi kelayakan bagi konsume,  baik  peralatan, maupun  tempat yang bersih  dan  hygienis.  


Pihak  sekolah juga mengharapkan agar  TIM BBPOM Aceh yang memeriksa jajanan siswa yang  ada  di  SMA  Negeri 1 Lhokseumawe .agar dapat merekomendasikan indikator - indikator jajanan siswa yang tepat dan hygienis  kepada penyedia layanan di sekolah. Hal  dibutuhkan karena semua  siswa SMA Negeri 1 Lhokseumawe terpusat pada satu tempat yaitu Kantin SMA tersebut. 

Dari amatan  Sastrapuna,  TIM BBPOM Provinsi Aceh bekerja secara profesional dan proporsional. Mereka  tampak bersemangat ketika menuju  kantin sekolah yang  sudah ditata  rapi, bersih dan  hygienis.


Konstributor: Haslina,  S.Pd., M.Pd.  ( Humas SMANSA Lhokseumawe 


 


Berita Terkait

Posting Komentar

0 Komentar