Risihnya Knalpot Racing

 


Oleh : Siti Rizka Ramadhan

Knalpot adalah bagian yang ada pada kendaraan bermotor, berfungsi sebagai saluran pembuangan dari bahan bakar. Penggunaan knalpot racing sangat banyak di kalangan anak- anak remaja. Hal ini membuat kebisingan di jalanan dan membuat warga risih. 

Knalpot  ini banyak di gunakan untuk melakukan atraksi ugal-ugalan di jalan raya yang dapat membahayakan nyawa. Knalpot yang sebenarnya dibuat untuk meredam letupan bahan bakar yang ada pada kendaran tetapi sekarang malah yang di gunakan knalpot racing yang berbunyi bising. Sebaiknya knalpot racing itu tidak diperjual belikan kepada remaja secara bebas.

Baca Juga: Sisi Gelap Media Sosial sebagai Komsumsi Publik

Karena knalpot racing membuat warga sekitar risih dan terganggu akan suaranya yang bising. Kebisingan dari knalpot racing yang sangat mengganggu dan warga sekitar marah seharusnya tidak gunakan lagi. Knalpot racing yang sangat berisik itu tidak seharusnya dipakai pada kendaraan terlebih kepada remaja yang memakainya untuk terlihat keren.

Karena penggunaan knalpot racing tidak sesuai standar keharusan berkendara. Dalam berkendara diharuskan untuk mengikuti aturan bahkan pada knalpotpun suara yang keluarkan harus sesuai dengan kapasitan mesin kendaraannya.

Karena knalpot racing dapat di salah gunakan oleh para remaja. Knalpot racing dapat membuat nyawa melayang apabila digunakan untuk gegayaan saat berkendara dijalan raya secara ugal-ugalan. Biasanya itu terjadi ketika digunakan untuk balapan liar.

Keberadaan Knalpot Racing di Kalangan Remaja

Knalpot racing ada sebab sosial media yang memengaruhi keinginan remaja. Sosial media merupakan pengaruh yang sangat besar dalam kalangan remaja karena informasi atau apapun itu ada dalam sosial media termasuk kenalpot racing.  Para remaja mulai mengikuti apa yang dilihat di sosial media, merasa keren dengan gaya knalpot racing yang digunakan. 

Knalpot Racing dan Pengaruh Pertemanan 

Dalam lingkup pertemanan juga memengaruhi adanya knalpot racing. sebab ingin terlihat keren dan tidak ketinggalan tren. Biasanya dalam pertemanan knalpot racing digunakan untuk ajang perlombaan misalnya, knalpot mana yang paling besar suaranya dan juga biasanya knalpot racing pada kalangan remaja digunakan untuk balap liar yang sangat membahayakan nyawa.

Selanjutnya, kegiatan balap liar serta pemakaian knalpot racing menjadi dua hal yang sering dikeluhkan warga.. Maraknya balap liar membuat warga menjadi resah. Selain berbahaya bagi diri sendiri maupun sekitar, situasi berisik dari kegiatan menggeber kendaraan juga menghasilkan polusi suara dan karbon monoksida. https://amp.suara.com/otomotif/2020/01/22/120000/balap-liar-dan-knalpot-brong-dua-hal-yang-bikin-gemas-lagi-geram diakses 07 September 2023


Dampak  Negatif  Penggunaan Knalpot Racing?

Penggunaan knalpot racing memang membuat mesin cepat panas, hal itu dikarenakan pengendara sering menggeber-geber motor supaya menghasilkan suara bising yang membuat puas saat mendengarkan. Saat menggunakan knalpot standard mesin motor akan tetap normal dan tidak panas karena saat menggunakannya tidak digeber-geberkan.

Banyak sekali dampak penggunaan knalpot racing yang disalahgunakan. Penggunaan knalpot racing biasanya dipakai untuk meningkatkan torsi dan tenaga ketika di lintasan balap (resmi). Pemasangan knalpot racing oleh pemilik kendaraan merupakan hal yang salah karena telah merubah standar dari motor yang sudah dirancang sedemikian rupa dari pabriknya. Dampak kerugian dari knalpot racing adalah boros BBM akibat geberan yang dipaksakan ketika motor akan dijalankan.

Pergaulan Bebas pada Generasi Z

Selanjutnya, penggunaan knalpot memang tidak bole sembarangan. Sebab, hal ini sudah ada aturannya. Memasang knalpot hang tidak sesuai dengan mesin dapat membuat mesin motor menjadi cepat rusak dan juga melanggar aturan hukum sekaligus mengganggu orang lain. Jadi, jika tidak ingin mendapatkan hukuman atau sanksi, sebaiknya gunakan knalpot standar yang lebih aman dan tidak mengganggu orang lain. https://lifepal.co.id/media/motormu-pakai-knalpot-racing-siap-siap-alami-4-kerugian/ diakses 07 September 2023

Cara menanggulangi Penggunaan Knalpot Racing

Pihak berwajib menindak lanjuti para pengguna knalpot racingP Pengendara menggunakan knalpot racing banyak menimbulkan keresahan bagi masyarakat karena masyarakat merasa terganggu dengan suaranya. Oleh karena itu, polisi dapat menindaklanjuti dengan cara memberikan imbauan kepada pengendara yang menggunakan knalpot racing secara ugal-ugalan dijalan raya. Sehingga dengan cara tersebut masyarakat manjadi tenang dan tidak terganggu saat sedang istirahat.

Selanjutnya, penggemar modifikasi kendaraan melakukan perubahan pada beberapa komponen kendaraannya, termasuk knalpot karena merupakan komponen yang paling mudah untuk diganti. Biasanya penggantian knalpot bertujuan untuk mengeluarkan suara yang lantang dan bising. Namun, untuk kenyamanan dan keamanan berkendara tetap terjaga, lebih baik penggemar modifikasi memerhatikan model dan batas kebisingan dari knalpot agar tidak melanggar aturan yang telah tercatat dalam Undang-Undang. Memakai knalpot racing lebih baik didesain mengikuti aturan yang diperbolehkan pemerintah. Terkait tentang batasan suara yang dikeluarkan agar tidak mengganggu pengendara lainnya dan tidak melanggar aturan.https://otoklix.com/blog/knalpot-racing-mobil-yang-diperbolehkan-polisi/ diakses 07 September 2023

Simpulan  

Knalpot racing ada pada kendaraan dikalangan remaja yang membuat kebisingan di jalanan dan membuat keresahan. Banyak pula digunakan untuk melakukan atraksi gegayaan dengan cara ugal-ugalan dijalan raya yang dapat membahayakan nyawa. Oleh sebab itu, pihak berwajib harus menindaklanjuti kegiatan ini pada kalangan remaja agak tidak memakan korban.

  

Penulis adalah Siswa  Kelas XII IPA 8 SMA Negeri 1 Kota Lhokseumawe

Berita Terkait

Posting Komentar

0 Komentar