Biografi Sisca Vitaya, Guru Fisika Terfavorit di Smansa Lhokseumawe

 

OlehAchmad Fayyadh 

Sisca Vitaya S.Pd yang kerap dipanggil Bu Sisca, beliau merupakan salah satu guru pelajaran fisika yang mengajar di SMA Negeri 1 Lhokseumawe. Bu Sisca adalah putri pertama dari bapak Kaiman dan ibu Maryani yang lahir  pada 5 Februari 1986 di kota Lhokseumawe. Beliau kini menetap di Tempok Teungoh No 180, Banda Sakti, Lhokseumawe. Beliau memiliki hobi yaitu membeli novel yang biasa dititipkan kepada teman beliau. Namun novel-novel yang telah beliau beli belum semuanya di baca karena beliau memiliki sedikit waktu luang. Salah satu buku yang menjadi favorit beliau adalah biografi Bapak Dahlan mantan menteri BUMN.

Baca Juga:Biografi Aiza Fitriana, Sang Wakil Kurikulum SMA N 1 Lhokseumawe

Bu Sisca menempuh pendidikan pertama di SD 13 Banda Sakti pada Tahun 1992, kemudian beliau melanjutkan pendidikan di SMP 1 Lhokseumawe pada Tahun  1998, dan dilanjutkan di SMA 1 Lhokseumawe pada Tahun 2001. Setelah selesai menempuh pendidikan SMA, beliau melanjutkan program sarjana di FKIP USK Jurusan Fisika pada Tahun 2004. Pada pertengahan program sarjana, beliau menjadi pengajar di bimbel SSC (0 Sugema College) di Banda Aceh untuk mencari pengalaman belajar. Tidak hanya mengajar di bimbel SSC selama 4 tahun dari 2006, beliau juga mencari pengalaman di SMA RIAB Banfa Aceh selama 4 tahun hingga 2010. Dan beliau juga pernah mencari pengalaman mengajar SMA Fatih Bilingual School di program khusus kelas 12. 

Banyaknya tempat mengajar yang beliau jadikan sebagai tempat mencari pengalaman. Hal yang menarik dari beliau yaitu sebelum beliau mengajar selalu mempersiapkan materi ajar kepada para siswa dan beliau rajin membantu siswanya dalam menyelesaikan berbagai soal. Namun kefokusan Beliau dalam mengajar membuat proses kuliah terhambat yang seharusnya selesai selama empat tahun kini Beliau memerlukan waktu lima tahun lamanya. 

Baca Juga: Biografi Guru Berprestasi SMA Negeri 1 Lhokseumawe

Pada saat itu merupakan titik terendah yang pernah beliau hadapi, mengingat teman seangkatan beliau yang telah lebih dulu menyelamatkan program sarjana.   Orang tua beliau yang menginginkan program sarjana beliau cepat diselesaikan. 

Namun, karena hal tersebut beliau enggan untuk menggunakan biaya dari orang tua sebagai biaya untuk kuliah. Gaji yang beliau dapatkan dari mengajar di bimbel dan beberapa SMA digunakan sebagai biaya kuliah. Pada saat-saat tersebut beliau tetap menunjukkan rasa semangat beliau kepada murid-muridnya meskipun dibalik itu beliau sedang menghadapi titik terendah.

Namun berkat kegigihan beliau, disiplin, pantang menyerah, beliau kembali fokus pada tujuan awal yaitu menyelesaikan program sarjana. Beliau juga termotivasi karena rindu dengan kampung halaman dan rindu dengan orang tua akhirnya beliau berhasil menyelesaikan program sarjana pada Tahun 2010. 

Setelah itu, beliau mengikuti tes PNS, dan Karena pengalaman mengajar beliau dan juga sudah terbiasa dengan soal-soal akhirnya beliau lulus. Berkat kelulusan beliau yang akhirnya beliau mengajar di SMA 6 Lhokseumawe pada tahun 2010 selama 2 tahun dan beliau mulai membuka karir beliau di dunia pendidikan. Kemudian beliau melanjutkan perjalanan karir beliau di SMA Negeri 1 Lhokseumawe sejak 2012 hingga sekarang. 

Tidak sampai di situ, selama di SMA Negeri 1 Lhokseumawe Beliau kerap mengasah kemahiran beliau dalam mengajar dengan meningkatkan berbagai prestasi pada olimpiade guru. Bahkan beliau memenangkan olimpiade tersebut baik tingkat kota maupun provinsi. 

Beberapa diantaranya yaitu: Juara 1 olimpiade guru fisika tingkat kota 2012, juara 1 olimpiade guru fisika tingkat kota tahun 2016, dan juara 2 olimpiade guru fisika tingkat provinsi tahun 2019. Prestasi yang beliau miliki menunjukkan bahwa beliau adalah guru yang kompeten. Hal ini juga ditunjukkan dengan cara beliau mengajar yang sistematis dan terstruktur. Beliau membuat pelajaran fisika yang dikenal rumit menjadi asik dan menyenangkan.

Di balik karir beliau yang cemerlang, ternyata beliau masih memiliki cita-cita yang menurut beliau belum tergapai. Beliau bercita-cita menjadi guru yang lebih kompeten dalam mendidik generasi penerus bangsa. Cita-cita beliau ingin sekali beliau capai dengan cara mengikuti pelatihan guru dan juga rajin mengikuti seminar, disiplin, optimis, dan konsisten dalam belajar Sehingga beliau menjadi lebih banyak mendapat pengetahuan yang akan beliau aplikasikan dalam proses mengajar beliau. Beliau juga mempunyai pesan untuk siswa beliau yaitu “ilmu itu mahal, oleh karena itu jangan disia-siakan”


Penulis adalah  siswa dari kelas X-10 SMA Negeri 1 Lhokseumawe 

 

Berita Terkait

Posting Komentar

0 Komentar